SILABUS
Nama Sekolah : SMA.........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/1
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan
keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|||||||||
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
|
Permainan sepak bola
· Taktik pola penyerangan
· Taktik pertahanan
|
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok
siswa melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para
pemain sesuai posisinya berdasarkan pola penyerangan 4-2-4, pergantian pemain
penyerang yang selalu dijaga oleh lawab, menipu dan menerobos ke pertahanan
lawan dengan umpan satu – dua (wall pass)
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok
siswa melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para
pemain sesuai posisinya berdasarkan pola pertahanan
|
· Menggunakan berbagai variasi, bentuk, dan
strategi penyerangan dalam permainan sepak bola
· Menggunakan berbagai variasi, bentuk, dan
strategi penyerangan dalam permainan sepak bola
|
Tes perbuatan
|
14 x 45
|
Panduan belajar
bermain sepak bola
Lapangan sepak
bola, bola, corong, pluit, stop watch
|
|||||||||
|
Permainan bola voli
· Taktik pertahanan
|
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok
siswa melakukan permainan bola voli yang menekankan pembagian tugas sesuai
posisinya dengan mempergunakan pola 4 smasher dan 2 set-uper, 4 smasher, 1
set-uper dan 1 libero dan 5 smasher dan 1 set-uper, ada tiga: terhadap
servis, terhadap smash dan pertahanan terhadap pantulan block lawan (cover of
smash near the net)
|
· Menggunakan berbagai variasi, bentuk, dan
strategi dalam permainan bola voli
· Mengaplikasikan nilai kerja sama
kelompok, pantang menyerah, dan fair play dalam permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan belajar
bermain bola voli
Lapangan bola
voli, bola corong, pluit, stop watch
|
|||||||||
|
· Dasar penyerangan
permainan bola basket ada pengatur serangan, pengaman, penembak, pengumpan
dan perayah
· Dasar pertahanan ada dua pertahanan
daerah (zone defference) dan pertahanan satu lawan satu
|
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok
siswa melakukan permainan bola basket yang menekankan pembagian tugas sesuai
posisinya dengan menggunakan pola penyerangan 1-2-2, 2-3 dan pertahanan 3-2,
man to man,
|
· Menggunakan berbagai variasi, bentuk, dan
strategi dalam permainan bola basket
· Mengaplikasikan nilai kerja sama kelompok
pantang menyerah, dan fair play dalam permainan
|
|
|
|
|||||||||
1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu
olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama,
kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
|
· Permainan bulu tangkis
· Permainan tenis meja
|
· Melalui permaiann bulutangkis siswa
melakukan latihan berbagai macam pukulan yang biasanya dipergunakan dalam
permainan bulutangkis. Teknik pukulan (strokes)
secara garis besar terdiri dari pukulan bawah meliputi: servis (panjang,
pendek, dan flik servis). Pukulan dari atas kepala (over head strokes)
terdiri dari: overhead lob, overhead smash, chopped, dropshot dan around the
head clears. Pukulan mendatar atau menyamping terdiri dari: lob/clear, drive,
dropshot dan netting
· Siswa dibariskan menjadi 4 saf diberi
penjelasan materi yang akan dibahas diteruskan pemanasan, setelah itu
dilanjutkan :
- teknik mengenal bola dengan cara
menimang-nimang bola dengan menggunakan bad baik ditempat maupun berjalan
- teknik memukul bola kearah dinding
- teknik memukul bola diatas meja dengan
pukulan forehand dan backhand secara menyilang bergantian.
|
· Memukul bola / shuttle cock
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Herman Subarjah, (2001) Pendekatan Keterampilan dalam Pembelajaran
Bulutangkis,
Alat: raket,
lapangan bulutangkis, net, bol/shuttle cock, stop watch, pluit
Hasil penataran
Calon Instruktur Penjas di Jakarta
Meja pingpong,
bola pingpong, bad, net, stop watch, peluit.
|
|||||||||
1.3 Mempraktikkan teknik atletik dengan
menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, percaya diri **)
|
· Atletik nomor lari estafet 4 x 100 meter
dan 4 x 400 meter
· Lompat jangkit sering juga disebut juga
lompat tiga yaitu jingkat (hop), langkah (step) dan lompat (jump)
|
· Secara klasikan melakukan pemanasan
dengan running ABC dilanjutkan latihan lari kijang untuk meningkatkan daya
ledak otot kaki
· Berlatih lari estafet dengan 4 x 25, 4 x
50 dan 4 x 100 dan 4 x 400 meter
· Secara bergantian siswa melakukan latihan
irama jingkat
· Secara bergantian siswa melakukan latihan
irama langkah
· Secara bergantian siswa melakukan latihan
irama lompat
· Secara bergantian siswa melakukan
kombinasi latihan irama jingkat, langkah dan lompat
|
· Melakukan keterampilan lari estafet 4 x
100 m dan 4 x 400 m
· Melakukan keterampilan lompat jangkit
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber Gerry
A. Carr, (2000), Atletik Untuk Sekolah,
Alat: 10 tongkat
estafet, stop watch, pluit, meteran, lapangan lompat jangkit / lompat jauh,
bendera
|
|||||||||
1.4 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan olahraga bela diri secara berpasangan dengan peraturan yang
sebenarnya serta nilai kejujuran, menghargai lawan, kerja keras dan menerima
kekalahan**)
|
Pencak silat
· Teknik pukulan dengan baik
· Teknik tendangan
|
· Secara klasikal berlatih teknik menendang
dengan kaki seperti samping, tendangan T.
· Secara bergantian siswa melakukan teknik
menghindar dari serangan lawan
· Melakukan teknik serang dan tangkisan
secara berpasangan dalam pertandingan bela diri
· Melakukan teknik pukulan dengan baik
dalam bela diri pencak silat seperti lurus mendatar dengan sasaran dada dan
wajah
|
· Melakukan teknik serang dan tangkisan
secara berpasangan dalam pertandingan bela diri
· Melakukan teknik pukulan dengan baik
· Mengaplikasikan nilai kerja sama
kelompok, pantang menyerah
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan belajar bela
diri
Target, body
protektor, pluit, stop watch.
|
|||||||||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/1
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikkan perancangan aktivitas
pengembangan untuk peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1 Merancang program latihan fisik untuk
pemeliharaan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan
percaya diri
|
Pemeliharaan kebugaran jasmani
· Merancang program latihan fisik jangka
pendek
|
· Setelah dibagi kelompok siswa diberikan
tugas untuk membuat program latihan jangka pendek yang bertujuan pemeliharaan
kebugaran jasmani yaitu untuk satu sesi latihan jogging yaitu: pemanasan 10
menit atau 60% dari THR denyut nadi: 115 detak/menit, bentuknya lari-lari
kecil, peregangan dan kalestenik. Kondisioning 30 menit atau 75% - 85% dari
THR (Training Heart Rate)= 144 – 164 detak/menit. Pendinginan 5 menit atau
detak jantung kembali normal. Selanjutnya minum air putih.
|
· Mengidentifikasi jenis latihan kebugaran
yang sesuai kebutuhan
· Merencanakan program latihan fisik jangka
pendek untuk pemeliharaan kebugaran jasmani
|
Tes perbuatan
|
6 x 45
|
Pedoman praktis
berolahraga untuk kebugaran dan kesehatan, Djoko Pekik Irianto, Penerbit
Andi,
Pluit, stop
watch
|
2.2 Melaksanakan program latihan fisik sesuai
dengan prinsip-prinsip yang benar serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan
percaya diri
|
Program latihan
· Program latihan fisik jangka pendek
|
· Setelah menyelesaikan tugas membuat
program jangka pendek, secara berkelompok siswa melaksanakan program latihan
jangka pendek yang bertujuan pemeliharaan kebugaran jasmani yaitu untuk satu
sesi latihan jogging yaitu: pemanasan 10 menit atau 60% dari THR denyut nadi:
115 detak/ menit, bentuknya lari-lari kecil, peregangan dan kalestenik.
Kondisioning 30 menit atau 75%-85% dari THR (Training Heart Rate)= 144 – 164
detak/ menit. Pendinginan 5 menit atau detak jantung kembali normal.
Selanjutnya minum air putih
|
· Melaksanakan program latihan fisik jangka
pendek secara berkelompok dengan mengaplikasikan nilai tanggung jawab,
disiplin dan percaya diri
|
Tes perbuatan
|
|
Pedoman praktis
berolahraga untuk kebugaran dan kesehatan, Djoko Pekik Irianto, Penerbit
Andi,
Pluit, stop
watch
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/1
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam
ketangkasan dengan konsep yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
3.1 Mempraktikkan keterampilan gerakan
kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggung jawab dan menghargai teman
|
Senam lantai
· Salto
|
· Setelah melakukan pemanasan yang menekan
gerakan peregangan terutama otot-otot lengan, togok dan tungkai.
· Latihan 1 untuk awalan lari-lari kecil
dan melompat dua kaki
· Latihan 2 melompat setinggi mungkin
melakukan roll depan di udara dan mendarat kedua tangan diikuti punggung dan
kaki
· Latihan 3 menggunakan tali yang diikat
dipinggang dibantu dua siswa untuk melakukan salto diatas peti
· Latihan 4 melakukan salto diatas peti
dengan bantuan orang menangkap tengkuk dan membantu mengguling badan ke
depan, urutan gerakannya awalan dengan lari-lari kecil, tolakan, badan
berputar diudara dan mendarat
|
· Melakukan gerakan salto ke depan
|
Tes perbuatan
|
6 x 45
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Pluit, stop
watch, matras
|
|
3.2 Mempraktikkan keterampilan gerakan
kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggung jawab dan menghargai teman
|
· Meroda
|
· Setelah melakukan pemanasan yang menekan
gerakan peregangan terutama otot-otot lengan, togok dan tungkai.
· Dari sikap hand stand dengan dibantu
teman, mengangkat satu tangan dalam 1 dan 2 hitungan yang dilakukan secara
bergantian tangan
· Dari sikap hand stands, kaki dibuka lebar
/ kangkang dengan perlahan jatuhkan kaki ke samping, pembantu memegang
pinggang
· Dengan bantuan sikap tegak kaki kangkang,
lakukan hand stand ke samping (kaki tetap kangkang) jatuh ke samping,
pembantu memegang panggul pinggang, gerakan ke samping, bertumpu dengan dua
tangan kaki dibuka lebar dan mendarat dengan kaki satu per satu dapat
dilakukan ke kanan dan ke kiri
|
· Melakukan senam lantai meroda atau
Radslag atau Cart whell
|
Tes perbuatan
|
6 x 45
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Pluit, stop
watch, matras
|
|
3.3 Mempraktikkan keterampilan gerakan
kombinasi rangkaian senam ketangkasan serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggung jawab dan menghargai teman
|
· Kombinasi senam ketangkasan
|
· Setelah melakukan peregangan seluruh
persendian dilanjutkan dengan latihan secara berpasangan, satu orang tidur
kaki rapat lutut dibengkokkan, yang lain memegang kedua tangannya kemudian
diangkat sehingga terjadi lentingan badan, dilakukan secara bergantian hingga
semua siswa melakukannya
· Secara perorangan dilatih kekuatan dan
power
· Setelah dirasa cukup kuat fisiknya, maka
dilanjutkan siswa berlatih secara kelompok untuk membentuk formasi segi tiga
|
· Melakukan rangkaian senam ketangkasan
membentuk formasi segitiga
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan senam
lantai
Pluit, stop
watch, matras
|
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/1
Standar Kompetens
: 4. Mempraktikkan satu rangkaian
gerak senam berirama berbentuk aktivitas aerobik secara beregu dengan diiringi
musik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak berirama
senam aerobik serta nilai kerjasama, kedisiplinan, percaya diri, keluwesan
dan estetika
|
Senam aerobik
· Penyesuaian musik dengan gerakan senam
aerobik
|
· Setelah pemanasan siswa dibagi dalam beberapa
kelompok untuk melakukan latihan merangkai gerak senam aerobik melalui media
elektronik, macam-macam gerakan pada senam aerobik secara umum terdiri dari:
satu langkah kanan atau kiri, dua langkah kanan atau kiri, satu langkah ke
depan dan ke belakang, dua langkah ke depan dan ke belakang
· Mendiskusikan segala sesuatu yang
berkaitan dengan senam aerobik
|
· Melakukan keterampilan gerakan kombinasi
rangkaian (minimal 8 macam gerakan) senam aerobik dengan menerapkan nilai
percaya diri, tanggung jawab, kerja sama dan menghargai teman
· Menyebutkan manfaat senam aerobik
terhadap kesehatan
|
Tes perbuatan
|
6 x 45
|
Panduan senam
aerobik
Pluit, stop
watch, kaset aerobik, tape recorder, VCD player
|
4.2 Mempraktikkan keterampilan menyelaraskan
antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin,
percaya diri, keluwesan dan estetika
|
· Kombinasi gerak senam aerobik
|
· Setelah pemanasan siswa dibagi dalam
beberapa kelompok untuk melakukan latihan merangkai gerak senam aerobik
melalui media elektronik. Macam-macam gerakan pada senam aerobik secara umum
terdiri dari: satu langkah kanan atau kiri, dua langkah kanan atau kiri, satu
langkah ke depan dan ke belakang, dua langkah ke depan dan ke belakang
|
· Melakukan keterampilan gerakan kombinasi
rangkaian (minimal 8 macam gerakan) senam sesuai iringan musik dengan
menerapkan nilai percaya diri, tanggung jawab dan menghargai teman
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan senam
aerobik
Pluit, stop
watch, kaset aerobik, tape recorder, VCD player
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/1
Standar Kompetensi : 5.
Mempraktikkan berbagai gaya renang dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
5.1 Mempraktikkan keterampilan renang
|
· Renang
|
· Secara bergantian siswa berlatih renang
|
· Melakukan keterampilan renang
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Panduan belajar
renang
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
5.2 Mempraktikkan keterampilan renang
|
· Renang
|
· Secara bergantian siswa berlatih renang
|
· Melakukan keterampilan renang
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Panduan belajar
renang
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
5.3 Mempraktikkan keterampilan renang
|
· Renang
|
· Secara bergantian siswa berlatih renang
|
· Melakukan keterampilan renang
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Panduan belajar
renang
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
5.4 Mempraktikkan keterampilan renang
|
· Renang
|
· Secara bergantian siswa berlatih renang
|
· Melakukan keterampilan renang
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Panduan belajar
renang
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA.........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/2
Standar Kompetensi : 6. Mempraktikkan keterampilan
permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
6.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang sebenarnya
serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya
diri**)
|
Sepak bola
· Pola pertahanan dan penyerangan
· Organisasi pertandingan
· Peraturan pertandingan sepak bola
|
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok,
kemudian diberikan kesempatan bermain sepak bola dengan catatan mereka harus
menerapkan pola penyerangan dan pertahanan
· Secara berkelompok siswa menyelenggarakan
pertandingan antar daerah menggunakan peraturan yang sesungguhnya
· Melakukan permainan sepak bola secara
berkelompok menggunakan peraturan sesungguhnya
|
· Menggunakan keterampilan yang sesuai
dengan kebutuhan bila menghadapi situasi tertentu dalam permainan sepak bola
· Mengimplementasikan peraturan
pertandingan dan perwasitan
· Mengaplikasikan nilai kerja sama
kelompok, pantang menyerah, dan fair play dalam permainan
|
Tes perbuatan
|
12 x 45
|
Buku panduan
belajar bermain sepak bola
Lapangan sepak
bola, bola, pluit
|
|
Bola Voli
· Pola pertahanan dan penyerangan
· Organisasi pertandingan
· Peraturan pertandingan bola voli
|
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok,
kemudian diberikan kesempatan bermain bola voli dengan catatan mereka harus
menerapkan pola penyerangan dan pertahanan
· Secara berkelompok siswa menyelenggarakan
pertandingan antar daerah menggunakan peraturan yang sesungguhnya
· Melakukan permainan bola voli secara
berkelompok menggunakan peraturan sesungguhnya
|
· Menggunakan keterampilan yang sesuai
dengan kebutuhan bila menghadapi situasi tertentu dalam permainan bola voli
· Mengimplementasikan peraturan
pertandingan dan perwasitan
· Mengaplikasikan nilai kerja sama
kelompok, pantang menyerah, dan fair play dalam permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Buku panduan
belajar bermain bola voli
Lapangan bola
voli, bola, pluit
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||||||
|
Bola Basket
· Pola pertahanan dan penyerangan
· Organisasi pertandingan
· Peraturan pertandingan bola basket
|
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok,
kemudian diberikan kesempatan bermain bola basket dengan catatan mereka harus
menerapkan pola penyerangan dan pertahanan
· Secara berkelompok siswa menyelenggarakan
pertandingan antar daerah menggunakan peraturan yang sesungguhnya
· Melakukan permainan sepak bola secara
berkelompok menggunakan peraturan sesungguhnya
|
· Menggunakan keterampilan yang sesuai
dengan kebutuhan bila menghadapi situasi tertentu dalam permainan bola basket
· Mengimplementasikan peraturan
pertandingan dan perwasitan
· Mengaplikasikan nilai kerja sama kelompok,
pantang menyerah, dan fair play dalam permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Buku panduan
belajar bermain sepak bola
Lapangan bola
basket, bola, pluit, stop watch
|
||||||
6.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang sebenarnya serta
nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya
diri**)
|
Tenis Meja
· Strategi dan taktik permainan ganda putra
dan ganda putri
|
· Setelah melakukan pemanasan secara
klasikal, siswa dan siswi dikelompokan menjadi berpasangan baik putra dengan
putri maupun putri dengan putri untuk melakukan permainan ganda putra dan
ganda putri pada pertandingan tenis meja.
|
· Menerapkan strategi dan taktik permainan
ganda putra dan ganda putri dalam permainan tenis meja
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber:
Buku panduan pendidikan Jasmani untuk SMA kelas XII
Alat: Meja
pingpong, bola pingpong, net pingpong, bad pingpong
|
||||||
6.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan
menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran,
menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**)
|
Atletik
· Peraturan perlombaan atletik
|
· Siswa diberikan kesempatan berlomba
atletik baik nomor lari, lempar, lompat maupun jalan, dengan catatan mereka
harus menerapkan peraturan sesungguhnya
|
· Menggunakan keterampilan yang sesuai
dengan kebutuhan bila menghadapi situasi tertentu dalam perlombaan atletik
· Mengimplementasikan peraturan
pertandingan dan perwasitan
· Mengaplikasikan nilai kerja sama percaya
diri dan pantang menyerah
|
Tes perbuatan
|
|
Buku panduan
belajar Atletik
Stop watch,
meteran, bendera kecul, bubuk kapur
|
||||||
6.4 Mempraktikkan keterampilan bela diri
secara berpasangan dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai
kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**)
|
Pencak Silat
· Strategi dan taktik penyerangan
|
· Setelah melakukan pemanasan dilanjutkan
dengan pertandingan antara siswa dengan menerapkan teknik penyerangan dan
pertahanan dengan kombinasi pukulan dan tendangan sabit atau tendangan T
disusul denganpukulan secara beruntun, sedangkan pertahanan dapat dilakukan
diawali elakan kanan atau kiri dilanjutkan dengan tendangan sabit atau
tendangan T dapat pula dilakukan dengan tangkisan tangan atau kaki depan pada
saat kuda-kuda
|
· Menerapkan strategi dan taktik
penyerangan dan pertahanan dalam olahraga beladiri
|
Tes perbuatan
|
|
Buku panduan
belajar beladiri
|
||||||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/2
Standar Kompetensi : 7.
Memelihara
tingkat kebugaran jasmani yang telah dicapai dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||||||||||||||||||||||||
7.1 Mempraktikkan program latihan fisik untuk
pemeliharaan kebugaran jasmani
|
· Periodisasi latihan kebugaran
|
· Secara berkelompok siswa mempraktikkan
program jangka menengah untuk pemeliharaan kebugaran jasmani ada empat tahap:
Periode diagnose, pendasaran, peningkatan dan pemeliharaan
|
· Melakukan program latihan fisik jangka
menengah untuk pemeliharaan kebugaran jasmani
|
Tes perbuatan
|
6 x 45
|
Buku panduan
membuat program latihan fisik
|
||||||||||||||||||||||||
7.2 Mempraktikkan membaca hasil tes
berdasarkan tabel yang cocok
|
· Hasil tes dan pengukuran berdasarkan
tabel tingkat daya tahan otot tes push
up dalam satu menit putra
Putri
|
· Setelah siswa melaksanakan program kerja
menengah latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani maka siswa harus
membuat laporan lengkap.
|
· Menjelaskan kembali hasil tes dan
pengukuran kebugaran jasmani berdasarkan tabel yang cocok
|
Tes perbuatan
|
|
Buku panduan
membuat program latihan fisik
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/2
Standar Kompetensi :
8. Mengkombinasikan rangkaian
gerakan senam lantai dan senam ketangkasan dengan alat dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
8.1 Mempraktikkan rangkaian gerakan senam
lantai serta nilai percaya diri, tanggung jawab, kerja sama dan percaya
kepada teman
|
Senam lantai
· Senam ketangkasan
|
· Setelah melakukan pemanasan yang menekan
gerakan peregangan terutama otot-otot tungkai, dilanjutkan latihan awalan,
melewati peti dan sikap medarat, lompat kangkang diatas peti. Teknik dsarnya
terdiri dari: angkat panggul tinggi-tinggi, pada saat tangan menyentuh peti
kedua kaki dibuka selebar-lebarnya (gerakan ke samping), tolakan tangan,
angkat dada dan tangan ke atas, setelah melewati peti badan diluruskan dan
tungkai kaki dirapatkan sebelum mendarat
|
· Melakukan gerakan lompat kangkang
|
Tes perbuatan
|
6 x 45
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani Kelas 2 SMA, Agus Mukholid, Yudhistira,
Peti lompat,
matras
|
8.2 Mempraktikkan rangkaian gerakan senam
ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, tanggung jawab,
kerja sama dan percaya kepada teman
|
· Berguling di atas peti lompat
|
· Setelah melakukan peregangan seluruh
persendian dilanjutkan dengan latihan secara berpasangan satu orang tidur
kaki rapat lutut dibengkokkan, yang lain memegang kedua tangannya kemudian
diangkat sehingga terjadi lentingan badan, dilakukan secara bergantian hingga
semua siswa melakukannya. Setelah itu mereka mencoba dengan melakukan roll
depan di atas peti lompat terdiri dari beberapa tahap yaitu :
-
Awalan
sikap roll depan, meletakan antara tangan dan kepala membentuk segitiga sama
sisi, kaki diluruskan hingga panggul condong ke depan. Lemparan kaki dibantu
dengan tolakan kedua tangan hingga badan melayang, kemudian mendarat dengan
badan tegak bediri
|
· Berguling di atas peti
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani Kelas 2 SMA, Agus Mukholid, Yudhistira,
Peti lompat,
matras
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/2
Standar Kompetensi : 9.
Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama secara beregu dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
9.1 Mempraktikkan rangkaian gerak senam
aerobik dengan iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin, keluwesan dan
estetika
|
· Rangkaian gerak senam aerobik
|
· Setelah pemanasan siswa dibagi dalam
beberapa kelompok untuk melakukan latihan merangkai gerak senam aerobik, yang
dimulai gerakan persendian kepala, bahu, lengan, pinggang, paha dan kaki
secara dinamis sesuai dengan variasi tertentu (kreativitas) menggunakan media
eletkronik.
|
· Menciptakan rangkaian gerak senam aerobik
|
Tes perbuatan
|
6 x 45
|
Buku sumber Buku
Panduan Pendidikan Jasmani untuk SMA kelas XII
Alat: kaset
senam aerobik, tape
|
9.2 Mempraktikkan senam irama tradisional
sesuai budaya daerah secara berkelompok serta nilai kerjasama, disiplin,
percaya diri, keluwesan dan estetika
|
· Senam irama tradisional*)
|
· Melakukan keterampilan senam irama
tradisional sesuai iringan musik dengan menerapkan nilai percaya diri,
kerjasama, disiplin, keluwesan dan estetika
|
· Melakukan keterampilan senam irama
tradisional
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber Buku
Panduan Pendidikan Jasmani untuk SMA kelas XII
Alat: kaset
senam aerobik, tape
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/2
Standar
Kompetensi : 10. Mempraktikkan penguasaan teknik berbagai gaya renang dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
10.1 Mempraktikkan keterampilan berbagai
|
· Renang
· Renang
|
· Secara bergantian siswa berlatih renang
· Secara bergantian siswa berlatih renang
|
· Melakukan perlombaan renang
· Melakukan perlombaan renang
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Buku panduan belajar
renang
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
10.2 Mempraktikkan keterampilan berbagai
|
Renang
· Lomba renang estafet
|
· Secara bergantian siswa berlatih renang
· Secara bergantian siswa berlatih renang
|
· Melakukan perlombaan renang
· Melakukan perlombaan renang
|
Tes perbuatan
|
|
Buku panduan
belajar renang
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
10.3 Mempraktikkan keterampilan ber-bagai
|
· Renang pertolongan
|
· Berlatih secara berpasangan teknik
membawa korban karena kecelakaan di dalam air secara umum menggunakan
|
· Melakukan renang pertolongan dengan
membawa korban disertai nilai disiplin, jujur, toleran, kerja keras dan
keberanian
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Belajar berenang (You Can Swim). David Haller Pioner,
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/2
Standar Kompetensi : 11. Mengevaluasi kegiatan luar kelas/sekolah
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
11.1 Mengevaluasi kegiatan di sekitar sekolah
serta nilai percaya diri, kebersamaan, saling menghormati, toleransi, etika
dan demokrasi
|
Kegiatan Luar Kelas
· Evaluasi kegiatan di sekitar sekolah
|
· Secara kelompok siswa diberikan
kesempatan untuk berdiskusi berkenaan dengan permasalahan yang terjadi pada
kegiatan sekolah, solusinya, membandingkan dan merancang kegiatan untuk tahun
yang akan datang
· Membuat laporan secara kelompok
|
· Merumuskan permasalahan yang terjadi pada
kegiatan di sekolah
· Mencari pemecahan masalah yang terjadi
pada kegiatan di sekolah
· Membandingkan antar kegiatan di sekolah
· Merancang kegiatan sekolah untuk masa
yang akan datang
|
Laporan kegiatan
|
Tentatif
|
Buku tentang
kegiatan di sekolah
|
11.2 Mengevaluasi kegiatan di alam bebas serta
nilai percaya diri, kebersamaan, saling menghormati, toleransi, etika dan
demokrasi
|
· Evaluasi kegiatan di alam bebas
|
· Secara kelompok siswa diberikan
kesempatan untuk berdiskusi berkenaan dengan permasalahan yang terjadi alam
bebas, solusinya, membandingkan dan merancang kegiatan untuk tahun yang akan
datang
· Membuat laporan secara kelompok
|
· Merumuskan permasalahan yang terjadi pada
kegiatan di alam bebas
· Mencari pemecahan masalah yang terjadi
pada kegiatan di alam bebas
· Membandingkan antar kegiatan di alam
bebas
· Merancang kegiatan sekolah untuk masa
yang akan datang
|
Laporan kegiatan
|
|
Buku tentang di
alam bebas
|
11.3 Mengevaluasi kegiatan kunjungan ke
tempat-tempat bersejarah serta nilai percaya diri, kebersamaan, saling
menghormati, toleransi, etika dan demokrasi
|
· Evaluasi kunjungan ke tempat sejarah
|
· Secara kelompok siswa diberikan
kesempatan untuk berdiskusi berkenaan dengan permasalahan yang terjadi pada
kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah solusinya, membandingkan dan
merancang kegiatan untuk tahun yang akan datang
· Membuat laporan secara kelompok
|
· Merumuskan permasalahan yang terjadi pada
kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah
· Mencari pemecahan masalah yang terjadi
pada kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah
· Membandingkan antar kegiatan kunjungan ke
tempat bersejarah
· Merancang kegiatan sekolah untuk masa
yang akan datang
|
Laporan kegiatan
|
Tentatif
|
Buku tentang
kunjungan ke tempat bersejarah
|
11.4 Mengevaluasi kegiatan
karya wisata serta nilai percaya diri, kebersamaan, saling menghormati,
toleransi, etika dan demokrasi
|
· Evaluasi kegiatan karya wisata
|
· Secara kelompok siswa diberikan
kesempatan untuk berdiskusi berkenaan dengan permasalahan yang terjadi pada
kegiatan karya wisata, solusinya, membandingkan dan merancang kegiatan untuk
tahun yang akan datang
· Membuat laporan secara kelompok
|
· Merumuskan permasalahan yang terjadi pada
karya wisata
· Mencari pemecahan masalah yang terjadi
pada kegiatan karya wisata
· Membandingkan antar kegiatan karya wisata
· Merancang kegiatan sekolah untuk masa
yang akan datang
|
Laporan kegiatan
|
Tentatif
|
Buku tentang
karya wisata
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA.........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XII/2
Standar Kompetensi : 12. Mempraktikkan
budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
12.1 Mempraktikkan pola hidup sehat
|
Pola hidup sehat
|
· Secara terprogram adanya pemeriksaan
kebersihan dan kesehatan siswa diantaranya memelihara kebersihan tubuh,
mengkonsumsi makanan sehat, cara hidup teratur, menghindari kontak dengan
sumber penyakit, menghindari pergaulan yang tidak sehat, meningkatkan taraf
kecerdasan dan ketaatan terhdap agama yang diyakininya dikoordinir oleh
sekolah bekerjasama dengan UKS atau PMR sekolah
|
· Mengkonsumsi makan dan minum sesuai
dengan kebutuhan
· Mengatur waktu istirahat yang secukupnya
|
Laporan kegiatan
|
4 x 45’
|
Buku tentang kesehatan
OHP, LCD
proyektor
|
12.2 Menampilkan pola hidup sehat
|
Pola hidup sehat
|
· Secara berkelompok mengadakan lomba siswa
yang berpenampilan menarik dan sehat. Tampilan pola hidup sehat dapat dilihat
dari keseharian baik dalam perawatan tubuh maupun penampilan berpakaian
selama di sekolah
|
· Menampilkan sikap perilaku dan mengenakan
pakaian bersih serta rapih
· Menunjukkan budaya disiplin waktu dan
kerja serta selalu semangat
|
Laporan kegiatan
|
|
|
Stainless Steel Rod - Titsanium-Arts
BalasHapusStainless Steel titanium vs ceramic flat iron Rods - Titsanium-Arts mens titanium earrings Titsanium-Arts titanium armor Stainless 4x8 sheet metal prices near me Rod (Titsanium-Arts). titanium mountain bikes Stainless Steel Rods - Titsanium-Arts.