SILABUS
Nama Sekolah : SMA...................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan berbagai keterampilan
permainan olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.1 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain
salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri**)
|
Sepak Bola
· Formasi permainan sepak bola penyerangan
W – M atau 4 – 2 – 4
· Formasi pertahanan sepak bola 4 – 4 – 2\
|
· setelah dibagi menjadi beberapa kelompok
siswa melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para
pemain sesuai posisinya berdasarkan pola W-M atau 4 – 2 – 4, merupakan pola
yang menempatkan 4 pemain belakang, 2 center back dan 4 pemain depan
· setelah dibagi menjadi beberapa kelompok
siswa melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para
pemain sesuai posisinya berdasarkan pola 4 – 4 – 2 yang lebih menekankan pada
pertahanan, pola ini menempatkan 4 pemain belakang, 4 pemain tengah dan 2
pemain depan
|
· menggunakan formasi, bentuk, dan strategi
pola penyerangan 4 – 2 – 4 dalam permainan sepak bola
· menggunakan berbagai formasi bentuk,
strategi pola pertahanan dalam permainan sepak bola
|
Tes perbuatan
|
14 x 45’
|
Buku panduan
taktik, strategi permainan sepak bola
Lapangan sepak
bola, gawang, bola, pluit, stop watch, corong
|
|
Bola Voli
· Formasi permainan bola voli
|
setelah dibagi
menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola voli yang menekankan
pembagian tugas sesuai dengan posisinya, misalnya mempegunakan pola 4 smasher
dan 2 set-uper, 4 smasher, 1 set-uper dan 1 libero dan 5 smasher dan 1
set-uper.
|
· Menggunakan berbagai
formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan
· Memperlihatkan nilai pantang menyerah,
dan jujur (fair play) dalam
permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Buku panduan
taktik, strategi permainan bola voli
Lapangan bola
voli, bola, pluit, stop watch, corong
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||||||
|
Bola Basket
· Pengintegrasian teknik dalam permainan
bola basket.
|
· Setelah melakukan pemanasan siswa memperagakan
permainan bola basket dengan menekankan tugas dan tanggung jawab pemain
sesuai dengan posisinya
· Melakukan latihan pola penyerangan
|
· Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan
strategi dalam permainan bola basket
· Menerapkan strategi penyerangan
· Memperlihatkan nilai pantang menyerah,
dan jujur (fair play) dalam
permainan.
|
Tes perbuatan
|
|
Lapangan bola
basket, bola, corong, pluit, stop watch
|
||||||
1.2 Mempraktikkan keterampilan teknik serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri**)
|
Rounders
· Formasi permainan rounders
|
· Setelah melakukan pemanasan siswa
memperagakan permainan rounders dengan menekankan tugas dan tanggung jawab
pemain sesuai dengan posisinya. Pola penyerangan didukung oleh teknik
individu maupun regu antara lain kemahiran memukul, sliding, lari selain itu
manager yang akan memberikan arahan pola penyerangan yang digunakan.
|
· Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan
stategi dalam permainan rounders
· Memperlihatkan nilai pantang menyerah,
dan jujur (fair play) dalam
permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Buku panduan
taktik, strategi permainan rounders
Lapangan
rounders, bola, pluit, stop watch
|
||||||
1.3 Mempraktikkan keterampilan teknik salah
satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri**)
|
Atletik
· Nomor tolak peluru
|
· Secara klasikal melakukan pemanasan
dengan running ABC dilanjutkan latihan lari kijang untuk meningkatkan daya
ledak otot kaki tolak
· Secara bergantian melakukan latihan
lompat tinggi gaya guling perut dari ketinggian yang rendah, kemudian secara
bertahap tingginya dinaikkan dengan prosedur berdiri dengan satu kaki
dibelakang kemudian bertolak vertikal, dengan awalan 8 langkah, 4 derajat
terakhir harus lebar, 45 – 55 derajat dari mistar, tolakan kaki tumpu harus
kuat, setelah mencapai mistar badan digulingkan ke kiri dengan kepala dahulu
melewati mistar sedangkan mendarat terlebih dahulu punggung.
|
· Melakukan teknik dalam nomor lompat
tinggi
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Gerry A, Carr, (2000), Atletik Untuk
Sekolah,
Pluit, matras
lompat tinggi, tiang lompat tinggi, mistar, stop watch
|
||||||
|
Atletik
· Nomor lompat tinggi
|
· Secara klasikal melakukan pemanasan
dengan running ABC dilanjutkan pengenalan toalk peluru mulai cara memegang,
latihan power lengan mendorong peluru kearah atas
· Secara bergantian siswa berlatih menolak
peluru
· Secara bergantian siswa berlatih menolak
peluru dengan awalan
|
· Melakukan teknik nomor tolak peluru
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Gerry A, Carr, (2000), Atletik Untuk
Sekolah,
Bak pasir,
meteran, pluit, bubuk kapur, bendera kecul
|
||||||
1.4 Mempraktikkan keterampilan teknik
penyerangan salah satu permainan olahraga beladiri serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai orang, kerja keras dan percaya diri**)
|
Pencak Silat
· Teknik serangan tangan
|
· Melakukan pemanasan secara klasikal
· Berlatih secara klasikal berbagai teknik
pukulan menggunakan kepalan tangan, telapak tangan, dan sikut
· Berpasangan berlatih pukulan dan teknik
menghindar menggunakan tangan, terdiri dari pukulan epan, lintasan lurus,
dibantu pergerakan bahu putaran pinggang, pukulan sengkol/bandul dengan
posisi tangan ditekuk 90 derajat, lintasan dari ayunan bawah, pukulan lingkar
lintasannya dari samping luar ke dalam tubuh, pukulan samping menggunakan
punggung tangan.
· Berpasangan melakukan latihan gerak
serang dan hindar.
|
· Melakukan teknik penyerangan dengan
menggunakan tangan
· Melakukan teknik menghindar dari serangan
dengan menggunakan tangan
· Melakukan gerakan serang hindar secara
berpasangan
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan berlatih
bela diri
Stop watch,
pluit, target pukulan, body protector
|
||||||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikkan aktivitas pengembangan
untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya,
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||||
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta
nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri
|
Latihan Kebugaran Jasmani :
· Kelincahan
· Explosive power
|
· Setelah melakukan pemanasan siswa secara
bergantian berlatih untuk meningkatkan kelincahan dengan lari bolak-balik,
lari zig-zag, lari membuat angka delapan
· Melakukan latihan naik turun tangga
selama 5-8 menit untuk meningkatkan tenaga ledak secara berkelompok
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan
kelincahan
· Melakukan bentuk latihan tenaga ledak
|
Tes perbuatan
Tes TKJI (tes
kesegaran Jasmani
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Ketahuilah tingkat kebugaran jasmani anda, Pusat Kesegaran Jasmani,
Depdiknas, Senayan Jakarta
Stop watch,
pluit
|
||||
c
|
· Kecepatan
· Kekuatan otot
|
· Melakukan latihan untuk meningkatkan
kecepatan dengan berbagai cara di antaranya: latihan perceptan, lari menaiki
tangga atau bukit, menuruni tangga atau bukit, latihan kecepatan reaksi
(permainan hitam-hijau) dan lari cepat dari start melayang
· Melakukan latihan untuk meningkatkan
kekuatan
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan
kelincahan
· Melakukan bentuk latihan tenaga ledak
|
Tes perbuatan
Tes TKJI (tes
kesegaran Jasmani
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Ketahuilah tingkat kebugaran jasmani anda, Pusat Kesegaran Jasmani,
Depdiknas, Senayan Jakarta
Stop watch,
pluit
|
||||
c
|
· Ketepatan
· Daya tahan kerja jantung
|
· Melakukan latihan untuk meningkatkan
ketepatan dengan cara melempar bola ke arah lobang ban mobil yang digantung
secara bergantian
· Melakukan latihan untuk meningkatkan daya
tahan dengan cara lari piramid mulai dari jarak 400M, 500M, 600M, 500M, 400M
secara berkelompok
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan
kelincahan
· Melakukan bentuk latihan tenaga ledak
|
Tes perbuatan
Tes TKJI (tes
kesegaran Jasmani
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Ketahuilah tingkat kebugaran jasmani anda, Pusat Kesegaran Jasmani,
Depdiknas, Senayan Jakarta
Stop watch,
pluit
|
||||
2.2 Mempraktikkan tes untuk kelincahan, dan
daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan
percaya diri
|
· Tes dan pengukuran kebugaran jasmani
· Tes kelincahan lari bolak-balik, lari
kelok-kelok squat trus
· Tes kekuatan clinning, dipping, sit up,
berbaring angkat kaki, push up
· Tes daya tahan: lari 1400 meter keatas,
tes balke, tes cooper
· Tes kecepatan lari 40, 50 dan 60 meter
· Tes kelentukan togok fleksi ke depan ke
belakang
|
· Secara berkelompok siswa berlatih
mengukur kelincahan, ketepatan, kekuatan, kecepatan, kelentukan
· Melaporkan hasil pengukuran dalam laporan
kelompok
|
· Menerapkan konsep dasar tes dan
pengukuran kebugaran jasmani
· Mengukur kelincahan
· Mengukur kekuatan
· Mengukur daya tahan
· Mengukur kecepatan
· Mengukur kelentukan
|
Tes perbuatan
Tes TKJI (tes
kesegaran Jasmani
|
|
Panduan
peningkatan kebugaran jasmani
Stop watch,
pluit
|
||||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan
senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
3.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri,
kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman
|
· Rangkaian senam lantai dengan menggunakan
alat
|
· Secara bergantian siswa melakukan latihan
berguling depan dan belakang dilanjutkan latihan lenting tengkuk diatas peti
dengan mengutamakan keselamatan
|
· Melakukan rangkaian senam lantai berguling
ke depan dilanjutkan lenting tengkuk diatas peti lompat
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira,
Matras, stop
watch, pluit
|
3.2 Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam ketangkasan tanpa menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggung jawab, menghargai teman
|
· Rangkaian senam lantai tanpa alat
|
· Melakukan latihan berguling depan dan
belakang dilanjutkan latihan lenting tengkuk dengan mengutamakan keselamatan
|
· Melakukan rangkaian senam lantai tanpa
alat menggunakan alat
|
Tes perbuatan
|
|
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi : 4. Mempraktikkan aktivitas ritmik
menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
4.1 Mempraktikkan keterampilan aktivitas
ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan,
konsentrasi dan keluwesan dan estetika
|
Senam
· Senamn aerobik tanpa alat
|
· Berlatih gerakan lengan, langkah pada
keterampilan senam aerobik tanpa alat secara berkelompok, senam aerobik
secara umum dibagu dua yaitu low impact
aerobic adalah gerakan yang kaki pelaku tidak pernah meninggalkan lantai,
sedangkan high impact aerobic
adalah gerakan banyak lompat, jingkrak dan macam-macam lari meninggalkan
lantai
|
· Melakukan berbagai bentuk merangkai
gerakan senam aeropbik secara berkelompok
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira,
Matras, stop
watch, pluit, kaset senam aerobik
|
|
|
· Berlatih merangkai gerak senam aerobik
tanpa alat secara berkelompok terdiri dari: satu langkah kanan atau kiri, dua
langkah kanan atau kiri, satu langkah ke depan dan ke belakang, dua langkah
ke depan dan ke belakang
|
|
|
|
|
4.2 Mempraktikkan keterampilan aktivitas
ritmik menggunakan alat serta nilai disiplin, toleransi, kerja sama,
keluwesan dan estetika
|
· Senamn aerobik menggunakan alat
|
· Berlatih gerakan lengan, langkah pada
keterampilan senam aerobik menggunakan alat secara berkelompok.
· Berlatih merangkai gerak senam aerobik
menggunakan alat secara berkelompok
|
· Merangkai gerakan senam aerobik dengan
menggunakan alat sederhana secara berkelompok
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira,
Matras, stop
watch, pluit, kaset senam aerobik
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi : 5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat
indah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
5.1 Mempraktikkan keterampilan renang
|
Renang pertolongan
|
· Secara bergantian berlatih gerakan renang
water trapen
· Berlatih renang pertolongan dengan
menggunakan
|
· Melakukan gerakan renang water trapen
· Melakukan keterampilan renang pertolongan
dengan menggunakan
|
Tes perbuatan
|
4 x 45’
|
Buku sumber
Belajar Berenang (You Can Swim), David Haller, Pioner,
Kolam renang,
pluit, stop watch, pelampung, kacamata renang
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi : 6. Menerapkan budaya hidup
sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
6.1 Memahami bahaya HIV/AIDS
|
Bahaya HIV/AIDS
|
· Setelah dibagi kelompok diberikan tugas
untuk mencari informasi tentang HID/AIDS
· Mendiskusikan hasil perolehan informasi
tentang bahaya yang diakibatkan oleh HIV/AIDS gejalanya 5-10 tahun baru
diketemukan, demam dalam waktu lama, BB menurun jauh, sesak nafas danbatuk,
pembesaran kelenjar di leher dan pangkal paha, diare hebat, infeksi yang tak
lazim bagi manusia, dan diakhiri dengan kematian.
|
· Mendefinisikan pengertian HIV/AIDS
· Mengidentifikasikan bahaya yang diakibatkan
oleh penularan virus HIV/AIDS
|
Tes tertulis
|
4 x 45’
|
Panduan tentang
HIV/AIDS
|
6.2 Memahami cara penularan HIV/AIDS
|
Cara penularan
HIV/AIDS
|
· Setelah dibagi kelompok diberikan tugas
untuk mengklasifikasikan penyebab penularan virus HIV/AIDS menurut Prof. Luc
Motagnier hubungan seksual homoseksual, heteroseksual maupun oral seks bisa
menular AIDS/HIV, virus ini hanya membutuhkan sekali saja untuk kontak dengan
penderita
· Mendiskusikan hasil perolehan informasi
tentang penyebab penularan HIV/AIDS
|
· Mengklasifikasikan faktor-faktor penyebab
penularan HIV/AIDS
· Menjelaskan cara penularan HIV/AIDS
|
|
|
|
6.3 Memahami cara menghindari penularan
HIV/AIDS
|
Cara menghindari
penularan HIV/ADIS
|
· Setelah dibagi kelompok diberikan tugas:
cara menghindari penularan HIV/AIDS yaitu: taat beragama, hindarkan hubungan
seksual dengan kelompok resiko tinggi seperti pelacur, homoseks, penyalahguna
Narkoba, jangan gunakan alat cukur, sikat gigi dan pemotong kuku milik orang
lain, karena mungkin alat itu mengandung butir-butir darah penderita AIDS.
· Mendiskusikan hasil perolehan informasi
tentang bahaya yang diakibatkan oleh HIV/AIDS
|
· Mengidentifikasikan cara menghindari
penularan HIV/AIDS
|
Tes tertulis
|
|
Panduan tentang
HIV/AIDS
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar
permainan olahraga dengan teknik dan taktik dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|||||||||||
7.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja
keras, dan percaya diri**)
|
Permainan Sepak Bola
· Taktik dan strategi permainan sepak bola
pola
· Pola pertahanan
|
· Melakukan permainan sepak bola yang
menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola
penyerangan pola
· Melakukan permainan sepak bola yang
menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola
pertahanan
|
· Menerapkan dasar-dasar strategi dan
taktik penyerangan maupun pertahanan sepak bola
|
Tes perbuatan
|
14 x 45’
|
Panduan belajar
bermain sepak bola
Lapangan sepak
bola, bola, corong, pluit, stop watch
|
|||||||||||
|
Permainan Bola Voli
· Taktik dan strategi permainan bola voli
|
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok
siswa melakukan permainan bola voli yang menekankan pembagian tugas sesuai
posisinya dengan mempergunakan pola 4 smasher, dan 2 set-uper, 4 smasher, 1
set uper dan 1 libero dan 5 smasher dan 1 set-uper.
|
· Menerapkan dasar-dasar strategi dan
taktik penyerangan maupun pertahanan bola voli
· Memperlihatkan nilai pantang menyerah,
dan jujur (fair play) dalam permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan belajar
bermain bola voli
Lapangan bola
voli, bola, net, pluit, stop watch
|
|||||||||||
|
Permainan Bola Basket
· Taktik dan strategi permainan bola basket
dengan menggunakan pola penyerangan
|
· Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok
siswa melakukan permainan bola basket yang menekankan pembagian tugas sesuai
posisinya dengan menggunakan pola penyerangan
|
· Menerapkan dasar-dasar strategi dan
taktik penyerangan maupun pertahanan bola basket
· Memperlihatkan nilai pantang menyerah,
dan jujur (fair play) dalam permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan belajar
bermain bola basket
Lapangan bola
basket, bola, pluit, corong, stop watch
|
|||||||||||
7.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan olahraga bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja
keras, toleransi dan percaya diri**)
|
Rounders
|
· Melakukan permainan rounder yang menekankan
pembagian tugas sesuai posisinya yaitu memainkan base pertama ketika menerima
lemparan dari pemain depan tangan dijulurkan sejauh mungkin, ambillah posisi
dekan plat apabila hendak menahan seorang pelari. Mainkan base kedua dan
shortstop, melangkah kebelakang dan berputar pada waktu menangkap bola yang
dilempar shortstop, maka penjaga base kedua akan menyentuh base, lalu menarik
kaki kembali lalu dilempat ke base satu.
|
· Menerapkan dasar-dasar strategi dan
taktik penyerangan maupun pertahanan olahraga rounders
· Memperlihatkan nilai pantang menyerah,
dan jujur (fair play) dalam permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan belajar
bermain rounders
Lapangan
rounders, bola, corong, pluit, stop watch
|
|||||||||||
7.3 Mempraktikkan teknik salah satu atletik
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai percaya diri**)
|
Atletik
· Pemantapan teknik lompat tinggi
|
· Secara klasikal pemanasan dengan running
ABC dilanjutkan latihan lari kijang untuk meningkatkan daya ledak otot kaki
tolak
· Secara bergantian melakukan latihan
lompat tinggi
|
· Melakukan teknik lompat tinggi
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Gerry A, Carr, (2000), Atletik Untuk
Sekolah,
Matras, pluit,
bubuk kapur, tiang lompat tinggi, mistar lompat tinggi
|
|||||||||||
|
· Teknik lempar cakram
|
· Secara klasikal melakukan pemanasan
running ABC dilanjutkan pengenalan lempar cakram mulai cara memegang, latihan
mengayunkan cakram kearah depan dengan putaran searah jarum jam.
· Secara bergantian siswa berlatih melempar
cakram menyamping tanpa awalan
|
· Melakukan teknik lempar cakram
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Gerry A, Carr, (2000), Atletik Untuk
Sekolah,
Meteran, pluit,
bubuk kapur, bendera kecul
|
|||||||||||
|
|
· Secara bergantian siswa berlatih melempar
cakram dengan awalan dua kali putaran badan caranya yaitu: memegang cakram
ada 3 cara, berdiri membelakangi arah lemparan, lengan memegang cakram
diayunkan ke belakang kanan diikuti gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk,
berat badan sebagian besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan
kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan,
ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram diikuti badan
condong kedepan
|
|
|
|
|
|||||||||||
7.4 Mempraktikkan teknik salah satu permainan
olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya
diri**)
|
· Teknik serang dan hindar menggunakan kaki
· Teknik tendangan pencak silat
· Gerakan menghindar
|
· Secara klasikal berlatih teknik menendang
dengan kaki ada beberapa macam yaitu tendangan lurus, sabit, T, jejag,
belakang, tendangan gajul
· Secara bergantian teknik menghindar dari
serangan lawan, gerakan menghindar dapat dilakukan dengan hindar kanan dan
kiri satu langkah
|
· Melakukan serangan dengan menggunakan
kaki
· Melakukan teknik menghindar serangan kaki
· Secara berpasangan melakukan teknik
serang hindar pada olahraga bela diri
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Panduan bela diri
Stop watch, body
protektor, target pukulan dan tendangan
|
|||||||||||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani
dan cara pengukurannya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||||||
8.1 Mempraktikkan latihan sirkuit untuk
peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan
percaya diri
|
Latihan Kebugaran Jasmani
· Latihan untuk meningkatkan daya tahan
kerja jantung
|
· Berlatih dengan menggunakan metode
sirkuit training untuk meningkatkan unsur-unsur kebugaran jasmani, terdiri
dari: sirkuit yaitu: pencapaian kondisi fisik melalui program latihan yang
bervariasi di bagi dalam beberapa pos, misalnya pos 1 untuk kekuatan, pos 2
kelincahan, pos 3 ketepatan, pos 4 kecepatan reaksi, pos 5 kelentukan dan pos
6 untuk melatih daya tahan
|
· Melakukan latihan sirkuit untuk
meningkatkan unsur kelincahan
· Melakukan latihan sirkuit untuk
meningkatkan unsur ketepatan
· Melakukan latihan sirkuit untuk
meningkatkan unsur reaksi
· Melakukan latihan sirkuit untuk
meningkatkan unsur kekuatan
· Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan
unsur kelentukan
|
Tes perbuatan
Tes kesegaran
jasmani
|
6 x 45’
|
Panduan
peningkatan kebugaran jasmani
Pluit, stop
watch, matras, penggaris, corong
|
||||||
8.2 Mempraktikkan peningkatan beban latihan
sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri
|
· Prinsip latihan peningkatan kebugaran
|
· Berlatih dengan menggunakan metode
sirkuit training dengan penambahan beban untuk meningkatkan unsur-unsur
kebugaran jasmani, terdiri dari: sirkuit yaitu: pencapaian kondisi fisik
melalui program latihan yang bervariasi di bagi dalam beberapa pos, misalnya
pos 1 untuk kekuatan, pos 2 kelincahan, pos 3 ketepatan, pos 4 kecepatan
reaksi, pos 5 kelentukan dan pos 6 untuk melatih daya tahan
|
· Melakukan penambahan beban latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan
· Melakukan penambahan beban latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur ketepatan
· Melakukan penambahan beban latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur reaksi
· Melakukan penambahan beban latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur kekuatan
· Melakukan penambahan beban latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur kelentukan
|
Tes perbuatan
|
|
Panduan
peningkatan kebugaran jasmani
Pluit, stop
watch, matras
|
||||||
8.3 Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat
kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
· Tes dan pengukuran kelincahan
|
· Setelah melakukan pemanasan siswa secara
bergantian berlatih untuk mengikuti tes kelincahan menggunakan tes Boomerang,
tes lari bolak-balik 8 x 5 meter, dan tes squat thrust serta lari mengelak /
menghindar (Dodging run)
· Secara berkelompok membuat laporan hasil
tes dan pengukuran kebugaran jasmani
|
· Melakukan tes dan pengukuran kelincahan
· Melakukan tes dan poengukuran power
· Melakukan tes dan pengukuran daya tahan
· Mempresentasikan hasil tes dan pengukuran
kebugaran jasmani
|
Tes perbuatan
|
|
Tes dan
pengukuran kepelatihan, Mochamad Moeslim, KONI PUSAT,
Pluit, stop
watch, matras
|
||||||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi : 9. Mempraktekkan keterampilan senam
ketangkasan dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||||||
8.4 Mempraktikkan keterampilan senam
ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri,
kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman
|
Senam ketangkasan
· Head spring diatas peti lompat
|
· Setelah pemanasan dilanjutkan peregangan
yang diikuti semua siswa
· Secara bergantian siswa mencoba berguling
kedepan diatas peti lompat diawali dengan gerakan berdiri dengan kepala lalu
badan dilenting
|
· Melakukan gerakan senam head spring
diatas peti lompat
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buk Panduan
senam lantai
Matras, peti
lompat
|
||||||
8.5 Mempraktikkan keterampilan senam
ketangkasan tanpa menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri,
kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman
|
· Lenting tangan / hand spring
|
· Setelah melakukan pemanasan dan siswa telah
menguasai berdiri dengan tangan maka dapat dilanjutkan latihan lenting tangan
yang tahapannya sebagai berikut: melakukan hand stand awalan satu langkah,
disertai lecutan kaki belakang dan kaki tumpu secara berurutan ke dinding
· Setelah menguasai gerakan berguling ke
depan dan ke belakang siswa melakukan latihan guling lenting dengan tahapan
sebagai berikut: tidur terlentang, kedua kaki lurus, kedua lengan berada pada
sisi badan, angkat kedua kaki ke belakang dan lemparkan kedua kaki ke atas.
|
· Melakukan gerakan guling, hand-spring
· Melakukan gerakan rangkaian senam
|
Tes perbuatan
|
|
Buk Panduan
senam lantai
Matras, pluit
|
||||||
|
· Lenting tengkuk (neck spring)
|
· Melakukan lentingan dengan dibantu dua
orang teman yang berdiri di sisi badan sambil memegang salah satu lengan anak
yang melakukan lentingan. Ketika melenting kedua temannya bersama-sama
menarik ke arah depan atas.
|
· Melakukan guling, hand spring,
neck-spring
· Melakukan gerakan rangkaian senam
|
Tes perbuatan
|
|
Buk Panduan
senam lantai
Matras, pluit
|
||||||
|
|
· Melakukan latihan lenting tengkuk dengan
posisi telapak tangan sebagai tumpuan untuk menolak. Sikap awal tidur
terlentang, kedua kaki lurus rapat, kedua tangan disisi badan. Buling ke
belakang, kedua tungkai lurus rapat sehingga kaki dekat kepala, siku dibengkokkan,
telapak tangan bertumpu pada matras di sisi telinga. Guling ke depan
bersamaan dengan itu lecutkan tungkai ke atas depan dan ditolak dengan kedua
tangan sebagai tumpuan, gerakan mendarat dengan kedua kaki rapat dan pinggul
didorong ke depan
|
|
|
|
|
||||||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi : 10. Mempraktikkan aktivitas ritmik
menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
10.1Mempraktikkan kombinasi gerak berirama
menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan
|
Senam aerobik
· Gerak dasar senam aerobik bervariasi
menggunakan alat pita/ tali
|
· Setelah pemanasan siswa melakukan
beberapa gerakan dasar senam aerobik menggunakan alat pita/tali yang diawali
dengan melingkar tangan, melingkar badan mengeper, melingkar duduk, melingkar
kesamping, melingkar diatas kepala, melingkar dan berpindah serta ayunan
horisontal dan dilanjutkan dengan gerakan melangkah samping kanan atau kiri,
langkah ke depan dan ke belakang disertai gerakan ayunan lengan.
|
· Menampilkan rangkaian senam aerobik
dengan kombinasi gerak bervariasi antara ayunan lengan, langkah kaki dan
lompat kaki
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira,
Kaset aerobik,
tali atau pita
|
10.2Merangkai aktivitas ritmik menggunakan
alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
|
· Rangkaian senam aerobik bervariasi
menggunakan alat pita / tali
|
· Setelah pemanasan siswa melakukan
beberapa gerakan dasar senam aerobik yang diawali melingkar ke bawah dengan lompatan, melingkar samping dengan melangkah, hop ke
depan atau ke belakang, hop ke samping dan lari, langkah ke depan dan ke belakang disertai
gerakan ayunan lengan.
|
· Menampilkan rangkaian senam aerobik
menggunakan alat dengan kombinasi gerak bervariasi antara ayunan lengan,
langkah kaki dan lompat kaki
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira,
Kaset aerobik,
tali atau pita
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikkan dasar pertolongan
kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
11.1Mempraktikkan keterampilan kombinasi
gerakan renang serta nilai disiplin, kerja sama serta keberanian
|
Renang
· Kombinasi renang
· Kombinasi renang
|
· Setelah pemanasan dan peregangan siswa
secara bergantian melakukan kombinasi renang antara
· Melakukan kombinasi renang
|
· Melakukan kombinasi gerakan renang
· Melakukan kombinasi gerakan renang
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buku panduan
belajar renang
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
11.2Mempraktikkan keterampilan dasar
pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RPJ)
serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
· Penyelematan di air
· P3K dengan sistem RJP
|
· Melakukan renang pertolongan pada
kecelakaan di air merupakan keterampilan renang lanjutan, sebagai syarat
utama bahwa penyelamat harus menguasai betul berbagai bentuk renang khususnya
rengan
· Melakukan teknik pertolongan dengan
sistem RJP yaitu, memindahkan korban ke tempat yang lebih aman, mengeluarkan
air yang terhirup, dan memberikan bantuan resusitasi jantung dan paru-paru,
menutup korban dengan selimut.
|
· Melakukan penyelamatan kecelakaan di air
· Melakukan tindakan pemberian pernafasan
buatan untuk pertolongan kecelakaan di air dengan sistem resusitasi jantung
paru (RJP) teknik Silvester.
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Buku panduan
pertolongan kecelakaan di air
Pluit, stop
watch, pelampung, kaca mata renang
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi : 12. Mempraktikkan perencanaan dan
keterampilan penjelajahan dan penyelamatan di alam bebas dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|||
12.1Mempraktikkan keterampilan merencanakan
penjalajahan di perbukitan
|
Penjelajahan
· Penjelajahan perjalanan yang melewati
bukit landai
|
· Secara berkelompok siswa diberikan tugas
untuk mengurus perijinan tentang rencana pendakian di perbukitan.
· Menentukan lokasi yang aman dan nyaman
melalui diskusi diantara siswa
· Setiap siswa diberikan tanggung jawab
membawa perlengkapan dan logistik yang dibutuhkan penjelajahan di perbukitan
seperti: pakaian, alat masak, peralatan MCK, alat navigasi (peta, kompas), senter,
ransel, pisau, ikat pinggang dan perlengkapan pribadi dan khusus diantaranya:
kamera, tali statis dan dinamis, harnes, ascender, discender, sling dan
lain-lain sesuai dengankebutuhan pendakian.
· Melakukan penlejahan melewati bukit
landai
|
· Mengurus perijinan untuk melakukan
penjelajahan di perbukitan pada instansi terkait
· Memilih lokasi perbukitan yang aman dan
nyaman untuk penjelajahan
· Mengidentifikasikan peralatan yang
dibutuhkan pada penjelajahan di perbukitan
· Menentukan kebutuhan logistik yang dibutuhkan
pada penjelajahan di perbukitan
· Melakukan penjelajahan melewati bukit
landai
|
Laporan kegiatan
pendakian di perbukitan
|
Tentatif
|
Buku sumber
Diktat Pendidikan Dasar WANADRI, Badan Pendidikan dan Latihan WANADRI,
Alat navigasi,
peta, kompas, bendera semapur, senter, pisau lipat, ikat pinggang, tali
carmantle statis dan dinamis, harnes, descender, ascender, sling, tas ransel,
perlengkapan pribadi, kotak P3K
|
|||
12.2Mempraktikkan
keterampilan merencanakan penjalajahan di perbukitan
|
Penjelajahan
· Penjelajahan perjalanan yang melewati
bukit landai
|
· Siswa dibagi dalam beberapa kelompok,
satu kelompok menjadi tim SAR, satu orang menjadi korban, kemudian
dilanjutkan latihan membawa korban dari tempat kejadian sampai ke Rumah Sakit
terdekat. Tindakan yang harus dilakukan saat menghadapi situasi survival
yaitu :
- Size
up situation(sadarilah
kondisi diri, teman-teman dan logistik)
- Undue
haste makes waste
(jangan terburu-buru)
- Remember
where you are
(pengenalan akan lingkungan)
- Vanguish
fear and panic (kuasai rasa
takut dan panik)
- Imrpovice (mengubah cara pandang terhadap segala
sesuatu dapat dimanfaatkan untuk keluar dari kesulitan
- Value
living (harga nilai
kehidupan)
- Act
like the natives
(belajar dari penduduk setempat)
- Learn
basic skills(belajar dan
latih teknik survival)
|
· Mengidentifikasikan jenis kecelakaan pada
penjelajahan di perbukitan
· Secara berkelompok melakukan keterampilan
evakuasi korban kecelakaan di perbukitan dengan menggunakan peralatan
sederhana
· Secara berkelompok melakukan keterampilan
evakuasi korban kecelakaan di perbukitan dengan menggunakan peralatan
sederhana
|
Laporan kegiatan
pendakian di perbukitan berupa makalah yang dilengkapi dengan foto kegiatan
|
Tentatif
|
Buku sumber
Diktat Pendidikan Dasar WANADRI, Badan Pendidikan dan Latihan WANADRI,
Alat navigasi,
peta, kompas, bendera semapur, senter, pisau lipat, ikat pinggang, tali
carmantle statis dan dinamis, harnes, descender, ascender, sling, tas ransel,
perlengkapan pribadi, kotak P3K
|
|||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA...................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi : 13. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
13.1 Memahami cara pemanfaatan waktu luang
untuk kesehatan
|
Pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
· Kegiatan waktu luang untuk kesehatan
|
· Melakukan diskusi kelompok tentang
pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
· Melakukan diskusi kelompok untuk merumuskan
kegiatan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan diantaranya:
mengidentifikasi jenis makanan yang sehat, cara hidup teratur, rutin
berolahraga, menghindari pergaulan yang tidak baik
|
· Mendefinisikan pengertian pemanfaatan
waktu luang untuk kesehatan
· Mengklasifikasikan jenis kegiatan
pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
|
Laporan hasil
diskusi
|
4 x 45’
|
Buku panduan
memanfaatkan waktu luang
|
13.2 Menerapkan pola hidup sehat
|
· Pola hidup sehat
|
· Melakukan diskusi kelompok, siswa
merumuskan daftar kegiatan selama 24 jam secara individu
· Mengklasifikasi jenis kegiatan yang dapat
meningkatkan pola hidup sehat.
|
· Menyusun daftar kegiatan rutin selama 24
jam berdasarkan pola hidup sehat
· Melakukan evaluasi mandiri terhadap
rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
· Mengenakan pakaian dalam kondisi bersih
dan rapih
· Mengkonsumsi makanan dan minuman yang
bergizi dan sehat
|
Laporan hasil
diskusi makalah
|
|
Buku panduan
memanfaatkan waktu luang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar