Minggu, 04 November 2012

Silabus Pendidikan Jasmani untuk SMA kelas XI


SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/1

Standar Kompetensi     : 1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
1.1    Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri**)
Sepak Bola
·      Formasi permainan sepak bola penyerangan
W – M atau 4 – 2 – 4



·      Formasi pertahanan sepak bola 4 – 4 – 2\

·      setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola W-M atau 4 – 2 – 4, merupakan pola yang menempatkan 4 pemain belakang, 2 center back dan 4 pemain depan
·      setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola 4 – 4 – 2 yang lebih menekankan pada pertahanan, pola ini menempatkan 4 pemain belakang, 4 pemain tengah dan 2 pemain depan

·      menggunakan formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan 4 – 2 – 4 dalam permainan sepak bola




·      menggunakan berbagai formasi bentuk, strategi pola pertahanan dalam permainan sepak bola
Tes perbuatan
14 x 45’
Buku panduan taktik, strategi permainan sepak bola
Lapangan sepak bola, gawang, bola, pluit, stop watch, corong

Bola Voli
·      Formasi permainan bola voli

setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola voli yang menekankan pembagian tugas sesuai dengan posisinya, misalnya mempegunakan pola 4 smasher dan 2 set-uper, 4 smasher, 1 set-uper dan 1 libero dan 5 smasher dan 1 set-uper.
·      Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan
·      Memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan
Tes perbuatan

Buku panduan taktik, strategi permainan bola voli
Lapangan bola voli, bola, pluit, stop watch, corong

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

Bola Basket
·      Pengintegrasian teknik dalam permainan bola basket.

·      Setelah melakukan pemanasan siswa memperagakan permainan bola basket dengan menekankan tugas dan tanggung jawab pemain sesuai dengan posisinya
·      Melakukan latihan pola penyerangan 1-2-2 dapat dilihat pada penerapan strategi penyerangan kilat dan penyerangan berpola dengan dasar pokok: ada pengatur serangan pengaman, penembak, pengumpan dan perayah.

·      Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola basket
·      Menerapkan strategi penyerangan
·      Memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan.
Tes perbuatan

Lapangan bola basket, bola, corong, pluit, stop watch
1.2    Mempraktikkan keterampilan teknik serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri**)
Rounders
·      Formasi permainan rounders

·      Setelah melakukan pemanasan siswa memperagakan permainan rounders dengan menekankan tugas dan tanggung jawab pemain sesuai dengan posisinya. Pola penyerangan didukung oleh teknik individu maupun regu antara lain kemahiran memukul, sliding, lari selain itu manager yang akan memberikan arahan pola penyerangan yang digunakan.

·      Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan stategi dalam permainan rounders
·      Memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan
Tes perbuatan

Buku panduan taktik, strategi permainan rounders

Lapangan rounders, bola, pluit, stop watch
1.3    Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri**)
Atletik
·      Nomor tolak peluru

·      Secara klasikal melakukan pemanasan dengan running ABC dilanjutkan latihan lari kijang untuk meningkatkan daya ledak otot kaki tolak
·      Secara bergantian melakukan latihan lompat tinggi gaya guling perut dari ketinggian yang rendah, kemudian secara bertahap tingginya dinaikkan dengan prosedur berdiri dengan satu kaki dibelakang kemudian bertolak vertikal, dengan awalan 8 langkah, 4 derajat terakhir harus lebar, 45 – 55 derajat dari mistar, tolakan kaki tumpu harus kuat, setelah mencapai mistar badan digulingkan ke kiri dengan kepala dahulu melewati mistar sedangkan mendarat terlebih dahulu punggung.
·      Melakukan teknik dalam nomor lompat tinggi gaya guling perut (straddle)
Tes perbuatan

Buku sumber Gerry A, Carr, (2000), Atletik Untuk Sekolah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Pluit, matras lompat tinggi, tiang lompat tinggi, mistar, stop watch

Atletik
·      Nomor lompat tinggi gaya guling perut

·      Secara klasikal melakukan pemanasan dengan running ABC dilanjutkan pengenalan toalk peluru mulai cara memegang, latihan power lengan mendorong peluru kearah atas
·      Secara bergantian siswa berlatih menolak peluru gaya menyamping tanpa awalan dengan cara memegang peluru di pangkal jari dengan tiga jari dibelakang, peluru diletakkan dekat leher siku diangkat sejajar bahu, menolak peluru dengan meluruskan sikua diikuti diluruskan badan sebagai daya dorong.
·      Secara bergantian siswa berlatih menolak peluru dengan awalan

·      Melakukan teknik nomor tolak peluru gaya menyamping
Tes perbuatan

Buku sumber Gerry A, Carr, (2000), Atletik Untuk Sekolah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Bak pasir, meteran, pluit, bubuk kapur, bendera kecul
1.4    Mempraktikkan keterampilan teknik penyerangan salah satu permainan olahraga beladiri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang, kerja keras dan percaya diri**)
Pencak Silat
·      Teknik serangan tangan

·      Melakukan pemanasan secara klasikal
·      Berlatih secara klasikal berbagai teknik pukulan menggunakan kepalan tangan, telapak tangan, dan sikut
·      Berpasangan berlatih pukulan dan teknik menghindar menggunakan tangan, terdiri dari pukulan epan, lintasan lurus, dibantu pergerakan bahu putaran pinggang, pukulan sengkol/bandul dengan posisi tangan ditekuk 90 derajat, lintasan dari ayunan bawah, pukulan lingkar lintasannya dari samping luar ke dalam tubuh, pukulan samping menggunakan punggung tangan.
·      Berpasangan melakukan latihan gerak serang dan hindar.
·      Melakukan teknik penyerangan dengan menggunakan tangan

·      Melakukan teknik menghindar dari serangan dengan menggunakan tangan







·      Melakukan gerakan serang hindar secara berpasangan

Tes perbuatan

Panduan berlatih bela diri


Stop watch, pluit, target pukulan, body protector






SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/1
Standar Kompetensi     : 2. Mempraktikkan aktivitas pengembangan untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
2.1    Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri
Latihan Kebugaran Jasmani :
·      Kelincahan
·      Explosive power

·      Setelah melakukan pemanasan siswa secara bergantian berlatih untuk meningkatkan kelincahan dengan lari bolak-balik, lari zig-zag, lari membuat angka delapan

·      Melakukan latihan naik turun tangga selama 5-8 menit untuk meningkatkan tenaga ledak secara berkelompok

·      Melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan




·      Melakukan bentuk latihan tenaga ledak
Tes perbuatan
Tes TKJI (tes kesegaran Jasmani Indonesia) untuk siswa SMA/MA
6 x 45’
Buku sumber Ketahuilah tingkat kebugaran jasmani anda, Pusat Kesegaran Jasmani, Depdiknas, Senayan Jakarta

Stop watch, pluit
c
·      Kecepatan
·      Kekuatan otot

·      Melakukan latihan untuk meningkatkan kecepatan dengan berbagai cara di antaranya: latihan perceptan, lari menaiki tangga atau bukit, menuruni tangga atau bukit, latihan kecepatan reaksi (permainan hitam-hijau) dan lari cepat dari start melayang

·      Melakukan latihan untuk meningkatkan kekuatan lima kelompok otot yaitu: kelompok otot peras lengan, extensor punggung, extensor tungkai, bahu (menarik) dan bahu (mendorong) lengan dengan bentuk latihan push up, perut dengan sit up, bahu dengan pull up, secara bergantian
·      Melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan




·      Melakukan bentuk latihan tenaga ledak
Tes perbuatan
Tes TKJI (tes kesegaran Jasmani Indonesia) untuk siswa SMA/MA
6 x 45’
Buku sumber Ketahuilah tingkat kebugaran jasmani anda, Pusat Kesegaran Jasmani, Depdiknas, Senayan Jakarta

Stop watch, pluit
c
·      Ketepatan




·      Daya tahan kerja jantung

·      Melakukan latihan untuk meningkatkan ketepatan dengan cara melempar bola ke arah lobang ban mobil yang digantung secara bergantian

·      Melakukan latihan untuk meningkatkan daya tahan dengan cara lari piramid mulai dari jarak 400M, 500M, 600M, 500M, 400M secara berkelompok
·      Melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan




·      Melakukan bentuk latihan tenaga ledak
Tes perbuatan
Tes TKJI (tes kesegaran Jasmani Indonesia) untuk siswa SMA/MA
6 x 45’
Buku sumber Ketahuilah tingkat kebugaran jasmani anda, Pusat Kesegaran Jasmani, Depdiknas, Senayan Jakarta

Stop watch, pluit
2.2    Mempraktikkan tes untuk kelincahan, dan daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri
·      Tes dan pengukuran kebugaran jasmani
·      Tes kelincahan lari bolak-balik, lari kelok-kelok squat trus
·      Tes kekuatan clinning, dipping, sit up, berbaring angkat kaki, push up
·      Tes daya tahan: lari 1400 meter keatas, tes balke, tes cooper
·      Tes kecepatan lari 40, 50 dan 60 meter
·      Tes kelentukan togok fleksi ke depan ke belakang

·      Secara berkelompok siswa berlatih mengukur kelincahan, ketepatan, kekuatan, kecepatan, kelentukan
·      Melaporkan hasil pengukuran dalam laporan kelompok

·      Menerapkan konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani
·      Mengukur kelincahan

·      Mengukur kekuatan


·      Mengukur daya tahan


·      Mengukur kecepatan

·      Mengukur kelentukan
Tes perbuatan
Tes TKJI (tes kesegaran Jasmani Indonesia) untuk siswa SMA/MA

Panduan peningkatan kebugaran jasmani


Stop watch, pluit











SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/1
Standar Kompetensi     : 3. Mempraktikkan keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
3.1    Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman

·      Rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat

·      Secara bergantian siswa melakukan latihan berguling depan dan belakang dilanjutkan latihan lenting tengkuk diatas peti dengan mengutamakan keselamatan

·      Melakukan rangkaian senam lantai berguling ke depan dilanjutkan lenting tengkuk diatas peti lompat

Tes perbuatan

6 x 45’
Buku sumber Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira, Surakarta, 2004

Matras, stop watch, pluit
3.2    Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan tanpa menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman

·      Rangkaian senam lantai tanpa alat

·      Melakukan latihan berguling depan dan belakang dilanjutkan latihan lenting tengkuk dengan mengutamakan keselamatan

·      Melakukan rangkaian senam lantai tanpa alat menggunakan alat
Tes perbuatan














SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/1
Standar Kompetensi     : 4. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
4.1    Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan dan estetika

Senam
·      Senamn aerobik tanpa alat

·      Berlatih gerakan lengan, langkah pada keterampilan senam aerobik tanpa alat secara berkelompok, senam aerobik secara umum dibagu dua yaitu low impact aerobic adalah gerakan yang kaki pelaku tidak pernah meninggalkan lantai, sedangkan high impact aerobic adalah gerakan banyak lompat, jingkrak dan macam-macam lari meninggalkan lantai

·      Melakukan berbagai bentuk merangkai gerakan senam aeropbik secara berkelompok
Tes perbuatan

6 x 45’
Buku sumber Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira, Surakarta, 2004

Matras, stop watch, pluit, kaset senam aerobik


·      Berlatih merangkai gerak senam aerobik tanpa alat secara berkelompok terdiri dari: satu langkah kanan atau kiri, dua langkah kanan atau kiri, satu langkah ke depan dan ke belakang, dua langkah ke depan dan ke belakang





4.2    Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai disiplin, toleransi, kerja sama, keluwesan dan estetika

·      Senamn aerobik menggunakan alat

·      Berlatih gerakan lengan, langkah pada keterampilan senam aerobik menggunakan alat secara berkelompok.
·      Berlatih merangkai gerak senam aerobik menggunakan alat secara berkelompok

·      Merangkai gerakan senam aerobik dengan menggunakan alat sederhana secara berkelompok
Tes perbuatan


Buku sumber Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira, Surakarta, 2004

Matras, stop watch, pluit, kaset senam aerobik

SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/1
Standar Kompetensi     : 5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
5.1    Mempraktikkan keterampilan renang gaya samping untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerja sama dan kerja keras

Renang pertolongan

·      Secara bergantian berlatih gerakan renang water trapen
·      Berlatih renang pertolongan dengan menggunakan gaya bebas. Penyelamatan di air merupakan keterampilan renang lanjutan, sebagai syarat utama bahwa penyelamat harus menguasai betul berbagai teknik renang. Cara memegang korban dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan, berusaha dari belakang korban dan yang paling penting harus menghindar dari cengkeraman korban yang panik dan meronta-ronta karena ketakutan

·      Melakukan gerakan renang water trapen
·      Melakukan keterampilan renang pertolongan dengan menggunakan gaya bebas
Tes perbuatan

4 x 45’
Buku sumber Belajar Berenang (You Can Swim), David Haller, Pioner, Bandung, 1982

Kolam renang, pluit, stop watch, pelampung, kacamata renang












SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/1
Standar Kompetensi     : 6. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
6.1    Memahami bahaya HIV/AIDS

Bahaya HIV/AIDS

·      Setelah dibagi kelompok diberikan tugas untuk mencari informasi tentang HID/AIDS
·      Mendiskusikan hasil perolehan informasi tentang bahaya yang diakibatkan oleh HIV/AIDS gejalanya 5-10 tahun baru diketemukan, demam dalam waktu lama, BB menurun jauh, sesak nafas danbatuk, pembesaran kelenjar di leher dan pangkal paha, diare hebat, infeksi yang tak lazim bagi manusia, dan diakhiri dengan kematian.

·      Mendefinisikan pengertian HIV/AIDS

·      Mengidentifikasikan bahaya yang diakibatkan oleh penularan virus HIV/AIDS
Tes tertulis

4 x 45’
Panduan tentang HIV/AIDS
6.2    Memahami cara penularan HIV/AIDS

Cara penularan HIV/AIDS

·      Setelah dibagi kelompok diberikan tugas untuk mengklasifikasikan penyebab penularan virus HIV/AIDS menurut Prof. Luc Motagnier hubungan seksual homoseksual, heteroseksual maupun oral seks bisa menular AIDS/HIV, virus ini hanya membutuhkan sekali saja untuk kontak dengan penderita
·      Mendiskusikan hasil perolehan informasi tentang penyebab penularan HIV/AIDS
·      Mengklasifikasikan faktor-faktor penyebab penularan HIV/AIDS

·      Menjelaskan cara penularan HIV/AIDS



6.3    Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS

Cara menghindari penularan HIV/ADIS

·      Setelah dibagi kelompok diberikan tugas: cara menghindari penularan HIV/AIDS yaitu: taat beragama, hindarkan hubungan seksual dengan kelompok resiko tinggi seperti pelacur, homoseks, penyalahguna Narkoba, jangan gunakan alat cukur, sikat gigi dan pemotong kuku milik orang lain, karena mungkin alat itu mengandung butir-butir darah penderita AIDS.
·      Mendiskusikan hasil perolehan informasi tentang bahaya yang diakibatkan oleh HIV/AIDS
·      Mengidentifikasikan cara menghindari penularan HIV/AIDS
Tes tertulis


Panduan tentang HIV/AIDS



SILABUS
Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/2

Standar Kompetensi     : 7. Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
7.1    Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**)
Permainan Sepak Bola
·      Taktik dan strategi permainan sepak bola pola 4-4-2
·      Pola pertahanan 5-3-2

·      Melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola penyerangan pola 4-4-2 prinsipnya pemain centre back membantu semua pemain belakang, jadi tidak menjaga satu orang saja.
·      Melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola pertahanan 5-3-2 prinsipnya pemain belakang lima orang tiga pemain tengah dan dua pemain depan.

·      Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan sepak bola
Tes perbuatan
14 x 45’
Panduan belajar bermain sepak bola

Lapangan sepak bola, bola, corong, pluit, stop watch

Permainan Bola Voli
·      Taktik dan strategi permainan bola voli

·      Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola voli yang menekankan pembagian tugas sesuai posisinya dengan mempergunakan pola 4 smasher, dan 2 set-uper, 4 smasher, 1 set uper dan 1 libero dan 5 smasher dan 1 set-uper.

·      Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola voli
·      Memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan
Tes perbuatan

Panduan belajar bermain bola voli

Lapangan bola voli, bola, net, pluit, stop watch

Permainan Bola Basket
·      Taktik dan strategi permainan bola basket dengan menggunakan pola penyerangan 1-2-2, 2-3 dan pertahanan 3-2

·      Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola basket yang menekankan pembagian tugas sesuai posisinya dengan menggunakan pola penyerangan 1-2-2, 2-3 dan pertahanan 3-2

·      Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola basket
·      Memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan
Tes perbuatan

Panduan belajar bermain bola basket

Lapangan bola basket, bola, pluit, corong, stop watch
7.2    Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri**)
Rounders

·      Melakukan permainan rounder yang menekankan pembagian tugas sesuai posisinya yaitu memainkan base pertama ketika menerima lemparan dari pemain depan tangan dijulurkan sejauh mungkin, ambillah posisi dekan plat apabila hendak menahan seorang pelari. Mainkan base kedua dan shortstop, melangkah kebelakang dan berputar pada waktu menangkap bola yang dilempar shortstop, maka penjaga base kedua akan menyentuh base, lalu menarik kaki kembali lalu dilempat ke base satu.

·      Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan olahraga rounders
·      Memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan
Tes perbuatan

Panduan belajar bermain rounders

Lapangan rounders, bola, corong, pluit, stop watch
7.3    Mempraktikkan teknik salah satu atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai percaya diri**)
Atletik
·      Pemantapan teknik lompat tinggi gaya guling perut

·      Secara klasikal pemanasan dengan running ABC dilanjutkan latihan lari kijang untuk meningkatkan daya ledak otot kaki tolak
·      Secara bergantian melakukan latihan lompat tinggi gaya straddle dari ketinggian yang rendah, kemudian perlahan tingginya dinaikkan secara bertahap

·      Melakukan teknik lompat tinggi gaya straddle
Tes perbuatan

Buku sumber Gerry A, Carr, (2000), Atletik Untuk Sekolah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Matras, pluit, bubuk kapur, tiang lompat tinggi, mistar lompat tinggi


·      Teknik lempar cakram

·      Secara klasikal melakukan pemanasan running ABC dilanjutkan pengenalan lempar cakram mulai cara memegang, latihan mengayunkan cakram kearah depan dengan putaran searah jarum jam.
·      Secara bergantian siswa berlatih melempar cakram menyamping tanpa awalan

·      Melakukan teknik lempar cakram
Tes perbuatan

Buku sumber Gerry A, Carr, (2000), Atletik Untuk Sekolah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Meteran, pluit, bubuk kapur, bendera kecul


·      Secara bergantian siswa berlatih melempar cakram dengan awalan dua kali putaran badan caranya yaitu: memegang cakram ada 3 cara, berdiri membelakangi arah lemparan, lengan memegang cakram diayunkan ke belakang kanan diikuti gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk, berat badan sebagian besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan, ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram diikuti badan condong kedepan





7.4    Mempraktikkan teknik salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
·      Teknik serang dan hindar menggunakan kaki
·      Teknik tendangan pencak silat
·      Gerakan menghindar

·      Secara klasikal berlatih teknik menendang dengan kaki ada beberapa macam yaitu tendangan lurus, sabit, T, jejag, belakang, tendangan gajul
·      Secara bergantian teknik menghindar dari serangan lawan, gerakan menghindar dapat dilakukan dengan hindar kanan dan kiri satu langkah

·      Melakukan serangan dengan menggunakan kaki
·      Melakukan teknik menghindar serangan kaki
·      Secara berpasangan melakukan teknik serang hindar pada olahraga bela diri
Tes perbuatan

Buku sumber Panduan bela diri

Stop watch, body protektor, target pukulan dan tendangan




SILABUS
Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/2

Standar Kompetensi     : 8. Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
8.1    Mempraktikkan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
Latihan Kebugaran Jasmani
·      Latihan untuk meningkatkan daya tahan kerja jantung

·      Berlatih dengan menggunakan metode sirkuit training untuk meningkatkan unsur-unsur kebugaran jasmani, terdiri dari: sirkuit yaitu: pencapaian kondisi fisik melalui program latihan yang bervariasi di bagi dalam beberapa pos, misalnya pos 1 untuk kekuatan, pos 2 kelincahan, pos 3 ketepatan, pos 4 kecepatan reaksi, pos 5 kelentukan dan pos 6 untuk melatih daya tahan

·      Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan
·      Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur ketepatan
·      Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur reaksi
·      Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kekuatan
·      Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelentukan

Tes perbuatan
Tes kesegaran jasmani Indonesia
6 x 45’
Panduan peningkatan kebugaran jasmani

Pluit, stop watch, matras, penggaris, corong
8.2    Mempraktikkan peningkatan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
·      Prinsip latihan peningkatan kebugaran

·      Berlatih dengan menggunakan metode sirkuit training dengan penambahan beban untuk meningkatkan unsur-unsur kebugaran jasmani, terdiri dari: sirkuit yaitu: pencapaian kondisi fisik melalui program latihan yang bervariasi di bagi dalam beberapa pos, misalnya pos 1 untuk kekuatan, pos 2 kelincahan, pos 3 ketepatan, pos 4 kecepatan reaksi, pos 5 kelentukan dan pos 6 untuk melatih daya tahan

·      Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan
·      Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur ketepatan
·      Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur reaksi
·      Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kekuatan
·      Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelentukan

Tes perbuatan


Panduan peningkatan kebugaran jasmani

Pluit, stop watch, matras
8.3    Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
·      Tes dan pengukuran kelincahan

·      Setelah melakukan pemanasan siswa secara bergantian berlatih untuk mengikuti tes kelincahan menggunakan tes Boomerang, tes lari bolak-balik 8 x 5 meter, dan tes squat thrust serta lari mengelak / menghindar (Dodging run)

·      Secara berkelompok membuat laporan hasil tes dan pengukuran kebugaran jasmani

·      Melakukan tes dan pengukuran kelincahan
·      Melakukan tes dan poengukuran power
·      Melakukan tes dan pengukuran daya tahan
·      Mempresentasikan hasil tes dan pengukuran kebugaran jasmani

Tes perbuatan


Tes dan pengukuran kepelatihan, Mochamad Moeslim, KONI PUSAT, Jakarta, 1995

Pluit, stop watch, matras












SILABUS
Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/2

Standar Kompetensi     : 9. Mempraktekkan keterampilan senam ketangkasan dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
8.4    Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman

Senam ketangkasan
·      Head spring diatas peti lompat

·      Setelah pemanasan dilanjutkan peregangan yang diikuti semua siswa
·      Secara bergantian siswa mencoba berguling kedepan diatas peti lompat diawali dengan gerakan berdiri dengan kepala lalu badan dilenting

·      Melakukan gerakan senam head spring diatas peti lompat

Tes perbuatan

6 x 45’
Buk Panduan senam lantai

Matras, peti lompat
8.5    Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman
·      Lenting tangan / hand spring

·      Setelah melakukan pemanasan dan siswa telah menguasai berdiri dengan tangan maka dapat dilanjutkan latihan lenting tangan yang tahapannya sebagai berikut: melakukan hand stand awalan satu langkah, disertai lecutan kaki belakang dan kaki tumpu secara berurutan ke dinding
·      Setelah menguasai gerakan berguling ke depan dan ke belakang siswa melakukan latihan guling lenting dengan tahapan sebagai berikut: tidur terlentang, kedua kaki lurus, kedua lengan berada pada sisi badan, angkat kedua kaki ke belakang dan lemparkan kedua kaki ke atas.

·      Melakukan gerakan guling, hand-spring

·      Melakukan gerakan rangkaian senam

Tes perbuatan


Buk Panduan senam lantai

Matras, pluit

·      Lenting tengkuk (neck spring)

·      Melakukan lentingan dengan dibantu dua orang teman yang berdiri di sisi badan sambil memegang salah satu lengan anak yang melakukan lentingan. Ketika melenting kedua temannya bersama-sama menarik ke arah depan atas.

·      Melakukan guling, hand spring, neck-spring
·      Melakukan gerakan rangkaian senam

Tes perbuatan


Buk Panduan senam lantai

Matras,  pluit


·      Melakukan latihan lenting tengkuk dengan posisi telapak tangan sebagai tumpuan untuk menolak. Sikap awal tidur terlentang, kedua kaki lurus rapat, kedua tangan disisi badan. Buling ke belakang, kedua tungkai lurus rapat sehingga kaki dekat kepala, siku dibengkokkan, telapak tangan bertumpu pada matras di sisi telinga. Guling ke depan bersamaan dengan itu lecutkan tungkai ke atas depan dan ditolak dengan kedua tangan sebagai tumpuan, gerakan mendarat dengan kedua kaki rapat dan pinggul didorong ke depan

















SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/2

Standar Kompetensi     : 10. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
10.1Mempraktikkan kombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
Senam aerobik
·      Gerak dasar senam aerobik bervariasi menggunakan alat pita/ tali

·      Setelah pemanasan siswa melakukan beberapa gerakan dasar senam aerobik menggunakan alat pita/tali yang diawali dengan melingkar tangan, melingkar badan mengeper, melingkar duduk, melingkar kesamping, melingkar diatas kepala, melingkar dan berpindah serta ayunan horisontal dan dilanjutkan dengan gerakan melangkah samping kanan atau kiri, langkah ke depan dan ke belakang disertai gerakan ayunan lengan.

·      Menampilkan rangkaian senam aerobik dengan kombinasi gerak bervariasi antara ayunan lengan, langkah kaki dan lompat kaki
Tes perbuatan
6 x 45’
Buku sumber Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira, Surakarta, 2004

Kaset aerobik, tali atau pita
10.2Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
·      Rangkaian senam aerobik bervariasi menggunakan alat pita / tali

·      Setelah pemanasan siswa melakukan beberapa gerakan dasar senam aerobik yang diawali melingkar ke bawah dengan lompatan,  melingkar samping dengan melangkah, hop ke depan atau ke belakang, hop ke samping dan lari,  langkah ke depan dan ke belakang disertai gerakan ayunan lengan.

·      Menampilkan rangkaian senam aerobik menggunakan alat dengan kombinasi gerak bervariasi antara ayunan lengan, langkah kaki dan lompat kaki
Tes perbuatan

Buku sumber Pendidikan Jasmani kelas X SMA, Agus Mukholid, Yudhistira, Surakarta, 2004

Kaset aerobik, tali atau pita



SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/2

Standar Kompetensi     : 11. Mempraktikkan dasar pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
11.1Mempraktikkan keterampilan kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerja sama serta keberanian
Renang gaya ganti
·      Kombinasi renang gaya punggung dan kupu-kupu
·      Kombinasi renang gaya dada dan bebas

·      Setelah pemanasan dan peregangan siswa secara bergantian melakukan kombinasi renang antara gaya punggung dan kupu-kupu
·      Melakukan kombinasi renang gaya dada dan bebas

·      Melakukan kombinasi gerakan renang gaya punggung dan kupu-kupu
·      Melakukan kombinasi gerakan renang gaya dada dan bebas
Tes perbuatan
6 x 45’
Buku panduan belajar renang

Pluit, stop watch, pelampung, kaca mata renang
11.2Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RPJ) serta nilai disiplin dan tanggung jawab
·      Penyelematan di air



·      P3K dengan sistem RJP

·      Melakukan renang pertolongan pada kecelakaan di air merupakan keterampilan renang lanjutan, sebagai syarat utama bahwa penyelamat harus menguasai betul berbagai bentuk renang khususnya rengan gaya dada dengan cara memegang korban yang dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan dari arah belakang korban.
·      Melakukan teknik pertolongan dengan sistem RJP yaitu, memindahkan korban ke tempat yang lebih aman, mengeluarkan air yang terhirup, dan memberikan bantuan resusitasi jantung dan paru-paru, menutup korban dengan selimut.


·      Melakukan penyelamatan kecelakaan di air







·      Melakukan tindakan pemberian pernafasan buatan untuk pertolongan kecelakaan di air dengan sistem resusitasi jantung paru (RJP) teknik Silvester.
Tes perbuatan
Tentatif
Buku panduan pertolongan kecelakaan di air

Pluit, stop watch, pelampung, kaca mata renang

SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/2

Standar Kompetensi     : 12. Mempraktikkan perencanaan dan keterampilan penjelajahan dan penyelamatan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
12.1Mempraktikkan keterampilan merencanakan penjalajahan di perbukitan
Penjelajahan
·      Penjelajahan perjalanan yang melewati bukit landai

·      Secara berkelompok siswa diberikan tugas untuk mengurus perijinan tentang rencana pendakian di perbukitan.
·      Menentukan lokasi yang aman dan nyaman melalui diskusi diantara siswa
·      Setiap siswa diberikan tanggung jawab membawa perlengkapan dan logistik yang dibutuhkan penjelajahan di perbukitan seperti: pakaian, alat masak, peralatan MCK, alat navigasi (peta, kompas), senter, ransel, pisau, ikat pinggang dan perlengkapan pribadi dan khusus diantaranya: kamera, tali statis dan dinamis, harnes, ascender, discender, sling dan lain-lain sesuai dengankebutuhan pendakian.
·      Melakukan penlejahan melewati bukit landai

·      Mengurus perijinan untuk melakukan penjelajahan di perbukitan pada instansi terkait
·      Memilih lokasi perbukitan yang aman dan nyaman untuk penjelajahan
·      Mengidentifikasikan peralatan yang dibutuhkan pada penjelajahan di perbukitan
·      Menentukan kebutuhan logistik yang dibutuhkan pada penjelajahan di perbukitan
·      Melakukan penjelajahan melewati bukit landai
Laporan kegiatan pendakian di perbukitan
Tentatif
Buku sumber Diktat Pendidikan Dasar WANADRI, Badan Pendidikan dan Latihan WANADRI, Bandung, 1990

Alat navigasi, peta, kompas, bendera semapur, senter, pisau lipat, ikat pinggang, tali carmantle statis dan dinamis, harnes, descender, ascender, sling, tas ransel, perlengkapan pribadi, kotak P3K
12.2Mempraktikkan keterampilan merencanakan penjalajahan di perbukitan
Penjelajahan
·      Penjelajahan perjalanan yang melewati bukit landai

·      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, satu kelompok menjadi tim SAR, satu orang menjadi korban, kemudian dilanjutkan latihan membawa korban dari tempat kejadian sampai ke Rumah Sakit terdekat. Tindakan yang harus dilakukan saat menghadapi situasi survival yaitu :
-    Size up situation(sadarilah kondisi diri, teman-teman dan logistik)
-    Undue haste makes waste (jangan terburu-buru)
-    Remember where you are (pengenalan akan lingkungan)
-    Vanguish fear and panic (kuasai rasa takut dan panik)
-    Imrpovice (mengubah cara pandang terhadap segala sesuatu dapat dimanfaatkan untuk keluar dari kesulitan
-    Value living (harga nilai kehidupan)
-    Act like the natives (belajar dari penduduk setempat)
-    Learn basic skills(belajar dan latih teknik survival)


·      Mengidentifikasikan jenis kecelakaan pada penjelajahan di perbukitan
·      Secara berkelompok melakukan keterampilan evakuasi korban kecelakaan di perbukitan dengan menggunakan peralatan sederhana
·      Secara berkelompok melakukan keterampilan evakuasi korban kecelakaan di perbukitan dengan menggunakan peralatan sederhana
Laporan kegiatan pendakian di perbukitan berupa makalah yang dilengkapi dengan foto kegiatan
Tentatif
Buku sumber Diktat Pendidikan Dasar WANADRI, Badan Pendidikan dan Latihan WANADRI, Bandung, 1990

Alat navigasi, peta, kompas, bendera semapur, senter, pisau lipat, ikat pinggang, tali carmantle statis dan dinamis, harnes, descender, ascender, sling, tas ransel, perlengkapan pribadi, kotak P3K











SILABUS

Nama Sekolah          : SMA...................
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  XI/2

Standar Kompetensi     : 13.  Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
13.1   Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
Pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
·      Kegiatan waktu luang untuk kesehatan

·      Melakukan diskusi kelompok tentang pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
·      Melakukan diskusi kelompok untuk merumuskan kegiatan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan diantaranya: mengidentifikasi jenis makanan yang sehat, cara hidup teratur, rutin berolahraga, menghindari pergaulan yang tidak baik

·      Mendefinisikan pengertian pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
·      Mengklasifikasikan jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
Laporan hasil diskusi
4 x 45’
Buku panduan memanfaatkan waktu luang
13.2   Menerapkan pola hidup sehat
·      Pola hidup sehat

·      Melakukan diskusi kelompok, siswa merumuskan daftar kegiatan selama 24 jam secara individu

·      Mengklasifikasi jenis kegiatan yang dapat meningkatkan pola hidup sehat.

·      Menyusun daftar kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
·      Melakukan evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
·      Mengenakan pakaian dalam kondisi bersih dan rapih
·      Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat

Laporan hasil diskusi makalah

Buku panduan memanfaatkan waktu luang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar