SILABUS
Nama Sekolah : SMA ..................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
X/1
Standar Kompetensi : 1. Mempratikkan berbagai keterampilan
permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
|
Sepak Bola
· Teknik mengenal bola
· Teknik mengiring bola
· Teknik melempar bola dengan dua tangan
(throw in)
· Teknik menendang bola menggunakan kaki
bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian dalam
|
· Teknik mengenal bola dilakukan dengan
cara menggulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola dengan kira-kira kaki
penuh dan paha
|
· Mengenal bola dengan cara
mengulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola dengan benar
|
Tugas individu
Tes perbuatan
|
14 x 45
|
Buku sumber
Latihan Sepak Bola Metode Baru (Pertahanan), Eric C. batty, Pionir Jaya,
|
· Menggiring bola dilakukan dengan
menggunakan punggung kaki dan kaki bagian dalam.
|
· Menggiring bola dengan punggung kaki dan
kaki bagian dalam dengan benar
|
|
|
Lapangan sepak
bola, bola peluit, corong, stop watch, tembok pantulan
|
||
· Teknik melempar bola :
- Berdiri diluar garis samping
- Bola dipegang dengan dua tangan dari atas
belakang kepala
- Badan ditarik kebalakng diterus-kan
dengan mengayunkan kedua tangan kedepan (menggunakan kekuatan otot perut,
panggul, bahu dan tangan)
|
· Melempar bola
|
|
|
|
||
|
|
· Menendang bola menggunakan kaki bagian
dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara
berpasangan
|
· Menendang bola menggunakan kaki bagian
dalam dengan teknik yang benar
|
|
|
|
|
|
· Menendang bola menggunakan kaki bagian
dalam, punggung kaki dan kaki bagina luar dengan teknik yang benar secara
berkelompok.
|
· Menendang bola menggunakan punggung kaki
dengan teknik yang benar
|
|
|
|
|
|
· Menendang bola menggunakan kaki bagian
dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar melalui
permainan kucing-kucingan (1 : 3 = satu kucing dan tiga permainan dengan satu
kali menyentuh bola)
|
· Menendang bola menggunakan kaki bagian
luar dengan teknik yang benar
|
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
· Teknik mengontrol/ menghentikan bola
menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar
|
· Mengontrol/menghentikan bola menggunakan
kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang
benar secara berpasangan
|
· Mengontrol atau menghentikan bola
menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar
|
|
|
|
|
|
· mengontrolmenghentikan bola menggunakan
kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang
benar secara berkelompok.
|
· Mengontrol atau menghentikan bola
menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar
|
|
|
|
|
|
· Mengontrol/menghentikan bola menggunakan
kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang
benar melalui permainan kucing-kucingan (1 : 3 =satu kucing dan tiga
merpainan dengan dua kali menyentuh bola)
|
· Mengontrol / menghentikan bola menggunakan kaki bagian
luar dengan teknik yang benar
|
|
|
|
|
Bola Voli
· Passing bawah
· Passing atas
· Servis bawah
|
· Melakukan latihan teknik passing bawah
tanpa bola secara klasikal
· Melakukan teknik passing bawah secara
berpasangan
· Melakukan teknik passing bawah secara
berkelompok
|
· Melakukan passing bawah dengan teknik
yang benar
|
Tugas individu
Tes perbuatan
|
|
Amung Ma’mun dan
Toto Subroto (2001), Pendekata keterampilan taktis dalam Pembelajaran Bola
Voli,
|
|
|
· Melakukan teknik passing atas ke tembok
secara individu
· Melakukan teknik passing atas dari sikap
jongkok secara berpasangan.
· Melakukan teknik passing atas secara
berkelompok
|
· Melakukan passing atas dengan teknik yang
benar
|
|
|
Dirjen,
DIKDASMEN, Dirjen. OLAHRAGA.
|
|
|
· melakukan gerakan servis bawah tanpa bola
secara klasikal
· melakukan gerakan servis bawah
menggunakan bola secara berpasangan
· melakukan servis bawah melewati net.
|
· Melakukan servis bawah dengan teknik yang
baik
|
|
|
Lapangan bola
voli, bola, pluit, stop watch, net
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
Bola Basket
· Operan dada
· Operan pantul
· Operan atas
· Operan samping
|
· Melakukan operan dada berpasangan sambil
bergerak
· Melakukan teknik operan dada berkelompok
dengan pola segitiga dan segi empat secara diam dan sambil bergerak.
|
· Melakukan teknik operan dan menangkap
bola setinggi dada dengan benar.
|
Tugas individu
Tes perbuatan
|
|
buku sumber
Neumann, Hannes, (1985). Bola basket
Pendidikan Dasar dan Latihan,
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMA Kelas X.
|
|
|
· Melakukan teknik operan pantul
berpasangan secara diam dan sambil bergerak
· Melakukan teknik operan pantul
berke-lompok dengan pola segitiga dan segi empat secara diam dan sambil
bergerak.
|
· Melakukan teknik operan dan menangkap
bola pantul dengan benar
|
|
|
Alat bola
basket, pluit, lapangan bola basket, stop watch
|
|
|
· Melakukan teknik operan atas berpasa-ngan
secara diam dan sambil bergerak
· Mealkukan teknik operan atas berkelom-pok
dengan pola segitiga dan segi empat secara diam dan sambil bergerak
|
· Melakukan teknik operan dan menangkap
dari atas dengan benar
|
|
|
|
|
|
· melakukan teknik operan samping
berpasangan secara diam dan sambil bergerak
· melakukan teknik operan samping
berkelompok dengan pola segitiga dan segiempat secara diam dan sambil
bergerak
|
· Melakukan teknik operan dan menangkap
dari samping dengan benar
|
|
|
|
|
|
· melakukan teknik memantul bola dengan
tangan kiri dan kanan ditempat secara individu
· melakukan teknik menggiring bola bergerak
maju dan mundur menggunakan tangan dan atau tangan kiri
· melakukan teknik menggiring bola bergerak
ke kiri dan ke kanan menggu-nakan tangan dan atau tangan kiri
|
· Melakukan teknik menggiring bola
menggunakan tangan kanan dan kiri
|
|
|
|
|
|
· Melakukan permainan bola basket hanya
menggunakan passing secara berkelompok
|
· Bermain bola basket dengan peraturan
dimodifikasi
|
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.2 Mempraktikkan keterampilan salah satu
permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan
percaya diri**)
|
Permainan Rounders
· Teknik melempar
· Teknik menangkap
· Teknik memukul bola
|
· Melambungkan bola menggunakan satu tangan
ke sasaran yang ditempelkan
· Melambungkan bola menggunakan satu tangan
ke pasangan
|
· Melakukan teknik melambungkan bola
|
Tugas Individu
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
petunjuk permainan tradisional, UNS
|
· setelah pemanasan siswa secara
berpasangan melakukan latihan memegang bola dilanjutkan melempar (atas,
samping dan bawah) dan menangkap bola dari arah gulir tanah, melambung dan
datar lurus
|
· melakukan teknik melempar bola dengan
benar
· melakukan teknik menangkap bola dengan
benar
|
|
|
Lapangan
Rounders, pemukul, tiang hinggap, stop watch, pluit
|
||
· memukul bola yang dilambungkan sendiri
dengan tongkat ke berbagai arah
· memukul bola yang dilambungkan teman
dengan tongkat ke berbagai arah
|
· melakukan teknik memukul bola dengan
benar
|
|
|
|
||
· menerapkan teknik dasar dalam permainan
dengan peraturan dimodifikasi
|
· bermain rounders dengan peraturan
dimodifikasi
|
|
|
|
||
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, dan percaya diri**)
|
Lari jarak pendek
· Teknik dasar start jongkok
· Teknik berlari
· Teknik memasuki garis finish
|
· Melakukan latihan start jongkok pendek
(short start)
· Melakukan latihan start jongkok menengah
(medium start)
· Melakukan latihan start jongkok panjang
(long start)
· Menerapkan aba-aba : “bersedia, siap,
yaa”, dalam melakukan latihan start
|
· Melakukan teknik start jongkok dengan
benar
|
Tugas Individu
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Petunjuk Atletik, Dinas Olahraga DKI Jakarta, 1996
Stop watch,
start block, pluit
|
|
· berlari dengan langkah pendek dengan
frekuensi lambat dan cepat
· berlari dengan langkah panjang dengan
frekuensi lambat dan cepat
· berlari dengan memperhatikan ayunan
lengan dan koordinasi langkah kaki.
|
· Melakukan teknik berlari
|
|
|
|
|
|
· Berlari melewati garis finish tanpa
merubah kecepatan dan posisi tubuh
· Memasuki garis finish dengan membusungkan
dada
· Memasuki garis finish dengan menundukkan
kepala ke depan
|
· Melakukan teknik memasuki garis finish
|
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.4 Mempraktikkan keterampilan salah satu
cabang olahraga bela diri serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja
keras, dan percaya diri**)
|
Bela diri (Pencak Silat)
· Sikap pasang tertutup
· Sikap pasang terbuka
· Sikap pasang dengan kombinasi kuda-kuda
depan sejajar
· Kuda-kuda badan berputar
· Kuda-kuda serong depan
· Kuda-kuda tengah menghadap dilanjutkan
latihan teknik pukulan dan tendangan
|
· Setelah melakukan pemanasan siswa
melakukan latihan berbagai macam sikap pasang tertutup dan sikap pasang
terbuka secara klasikal.
· Secara klasikal melakukan latihan
kuda-kuda dilanjutkan dengan latihan pukulan bayangan
· Secara klasikal melakukan latihan
kuda-kuda dilanjutkan dengan latihan pukulan dan tendangan menggunakan
target.
|
· Melakukan sikap pasang dengan benar.
· Melakukan berbagai teknik pukulan dengan
baik dalam beladiri
· Melakukan berbagai teknik tendangan dalam
bela diri
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber Petunjuk Olahraga Pencak Silat “Kategori
Tanding” Dinas Pemuda dan Olahraga, DKI Jakarta, 1996
Pluit, stop
watch, target pukulan dan tendangan
|
Standar Kompetensi : 2. Mempratikkan latihan kebugaran dan
jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan,
kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk
sederhana serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
|
Latihan Kebugaran Jasmani
· Latihan kekuatan
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan dari
push up, sit up, pull up.
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan
kekuatan untuk mengembangkan kebugaran jasmani
|
Tes perbuatan
Tes Kesegaran Jasmani
|
6 x 45’
|
Buku sumber Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Kelas 2,
Muhajir,
|
· Latihan kelenturan
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan
kelenturan secara bergantian dalam kelompoknya, gerakan cium lutut dengan
posisi duduk maupun berdiri, sikap kayang, mengangkat badan dalam posisi
telungkup kedua tangan berada pada leher belakang dan berbagai macam latihan
peregangan mulai dari leher sampai dengan pergelangan kaki
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan
kelenturan untuk mengembangkan kebugaran jasmani
|
|
|
Stop watch,
pluit, matras senam, tiang pull up, meteran, penggaris
|
|
|
· Latihan keseimbangan
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan
keseimbangan secara bergantian dalam kelompoknya antara lain terdiri dari:
sikap kapal terbang, sikap berdiri tegak mata dipejamkan kaki posisi jinjit
dan kedua lengan dijulurkan ke depan pertahankan posisi tersebut dalam
beberapa menit.
|
· Melakukan berbagai bentuk latihan
keseimbangan untuk mengembangkan kebugaran jasmani
|
|
|
|
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta
nilai tanggung jawab dan percaya diri.
|
· Tes kebugaran jasmani SMA
|
· Secara berkelompok mengadakan tes
pengukuran komponen kebugaran jasmani yaitu: aspek kecepatan, kekuatan otot
perut, kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu. Dilakukan secara
bergantian ada yang menjadi tester dan testi.
· Lari 60 meter untuk mengukur kecepatan
dengan membandingkan hasil waktu yang ada di tabel
· Sitp up 60 detik untuk mengukur kekuatan
otot perut
|
· Melakukan tes pengukuran kebugaran
jasmani
· Menerapkan ketelitian, kesabaran,
keuletan dan kecermatan dalam pengolahan data
|
Tes perbuatan
Tes Kesegaran Jasmani
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani, Kelas 1 SMA, Agus Mukholid,
Stop watch,
pluit, matras senam
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
|
· Gantung sikut tekuk (wanita) untuk
mengukur kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu, yang diukur berapa
lama mempertahankan posisi tersebut
· Gantung angkat tubuh (pria) untuk
mengukur kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu, lakukan 60 detik
dihitung jumlah angkat dagunya.
· Mencatat hasil pengukuran kebugaran pada
lembar pengamatan
|
|
|
|
|
2.3 Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap
segar
|
· Perawatan tubuh agar tetap bugar
|
· Secara perorangan siswa diberikan tugas
untuk membuat rencana aktivitas jasmani yang memungkinkan dilakukan secara
mandiri di rumah
|
· Membiasakan melakukan aktivitas jasmani
secara rutin untuk memelihara kebugaran
· Menunjukkan perilaku sehat dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani, Kelas 1 SMA, Agus Mukholid,
Gambar jenis makanan
dan minuman yang sehat serta bergizi
|
Standar Kompetensi : 3. Mempratikkan keterampilan rangkaian
senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai
dengan menggunakan bantuan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung
jawab dan menghargai teman
|
Senam Lantai
· Berguling ke depan menggunakan bantuan
peti lompat
|
· Setelah melakukan peregangan secara
klasikal siswa berlatih gerakan senam lantai tanpa alat seperti berguling ke
depan dan belakang
· Secara bergantian siswa melakukan awalan
dengan keatas peti lompat
· Lakukan berguling ke depan diatas peti
lompat dibantu dengan awalan lompat
· Secara perorangan melakukan gerakan
berguling ke depan diatas peti dilanjutkan dengan latihan lecutan kedua kaki
untuk mendarat di matras, dengan cara berdiri di depan peti, naik ke atas
peti dengan tolakan kedua tangan saat posisi condong depan, masukkan kepala
diantara kedua lengan untuk berguling ke depan, saat kaki akan menyentuh
matras tolakan kedua kaki, lalu lemparkan kedua kaki ke depan untuk mendarat.
|
· Melakukan rangkaian gerak senam
menggunakan bantuan alat
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk kelas 1,
Matras senam
lantai, peti lompat
|
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai
tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab
|
Senam Lantai
· Berguling ke depan diawali sikap berdiri
kaki rapat, dilanjutkan kedua telapak tangan menyentuh matras, kepala ditekuk
ke dalam, lalu lakukan berguling ke depan dengan tumpuan pada tengkuk kedua
kaki rapat dan diakhiri dengan kembali berdiri tegak
|
· Setelah melakukan pemanasan dan peregangan,
siswa melakukan latihan berguling ke depan dan belakang secara bergantian di
atas matras. Diantara siswa ada yang membantu mendorong punggung teman
sebagai latihan awal agar gerakan lebih ringan dilakukan.
· Setelah berlatih berguling dilanjutkan
guling
· Secara berpasangan siswa berlatih berdiri
dengan kepala dan berdiri dengan kedua tangan, satu siswa melakukan gerakan
temannya membantu.
|
· Melakukan rangkaian gerak senam
menggunakan bantuan alat
|
Tes perbuatan
|
|
Buku Paket
Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk kelas X,
Matras senam
lantai
|
Standar Kompetensi : 4. Mempratikkan aktivitas ritmik tanpa
alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak dasar
langkah dan melompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai
kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan.
|
Gerak Ritmik
· Rangkaian gerak dasar langkah
· Rangkaian gerak dasar melompat
|
· Secara klasikal berlatih gerak dasar
langkah di tempat, melangkah kanan ke kiri, maju mundur, melangkah silang
depan pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.
· Secara berkelompok siswa memodifikasi
hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam
irama
· Secara klasikal berlatih gerak dasar
melompat pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.
· Secara berkelompok siswa memodifikasi
hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam
irama
|
· Melakukan gerak dasar langkah pada
aktivitas ritmik tanpa alat
· Melakukan gerak dasar lompat pada
aktivitas ritmik tanpa alat
· Melakukan rangkaian gerak dasar langkah
dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buku petunjuk
senam kesegaran jasmani 2000, Dinas Pemuda dan Olahraga, DKI,
|
4.2 Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan
lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar
serta nilai disiplin, toleransi dan estetika
|
Gerak Ritmik
· Rangkaian gerak dasar ayunan lengan pada
senam ritmik menggunakan pita atau tali
|
· Secara klasikal berlatih gerak dasar
ayunan lengan pada aktivitas ritmik dengan menggunakan tali atau pita,
diawali dengan cara memegang tali, ayunan dimulai dari bahu kemudian ke
pergelangan, kedua kaki lurus melompat ke
tas, gerakan harus ringan, tanpa suara saat mendarat (mengeper).
Lompatan jangan terlalu tinggi agar tidak mudah terganggu oleh tali atau pita.
· Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil
latihan gerak dasar ayunan lengan untuk menghasilkan rangkaian langkah senam
irama
|
· Melakukan gerak dasar ayunan lengan pada
aktivitas ritmik tanpa alat
· Melakukan rangkaian gerak dasar ayunan
lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat
|
Tes perbuatan
|
|
Buku paket Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk
kelas X,
Tali atau pita
|
Standar Kompetensi : 5. Mempratikkan salah satu gaya renang dan loncat
indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
5.1 Mempraktikkan keterampilan teknik dasar
salah satu
|
Renang
· Teknik bernafas
· Teknik dasar meluncur
· Teknik dasar gerakan kaki
|
· Mengapung sambil berpegangan di pinggir
kolam melakukan latihan bernafas secara perorangan
· Secara klasikal masuk ke kolam berlatih
teknik pernafasan dalam renang
· Melakukan gerakan meluncur dengan menumpukkan
kaki ke pinggir kolam renang
· Melakukan gerakan meluncur dengan
menggerakkan kedua tungkai
· Melakukan gerakan tungkai secara
bergantian renang
|
· Melakukan teknik bernafas renang
· Melakukan teknik meluncur
· Melakukan teknik gerakan tungkai renang
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Buku petunjuk
senam kesegaran jasmani 2000, Dinas Pemuda dan Olahraga, DKI,
|
Renang
· Teknik dasar gerakan lengan
· Gerakan kombinasi tangan dan kedua kaki
· Gerakan kombinasi lengan, kaki dan
bernafas
|
· Menarik dan mengeluarkan napas samping
kiri/kanan sambil berpegangan di kolam renang.
· Melakukan latihan pernafasan secara
berpasangan. Satu orang memegangi kedua tangan temannya yang sedang dalam posisi
telungkup, kedua kakinya melakukan gerakan renang
|
· Melakukan renang
|
Tes perbuatan
|
|
Buku paket
Pendidikan Jasmani untuk kelas X
Stop watch,
pluit, pelampung, kaca mata renang
|
Standar Kompetensi : 6. Mempratikkan perencanaan penjelajahan
dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya ***)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
6.1 Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar
kegiatan menjelajah sungai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi,
tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok
|
Penjelajahan sungai
· Keterampilan dasar penjelajahan sungai
· Prinsip-prinsip penjelajahan sungai
menarik dan menantang, aman, sehat
|
· Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang
setiap kelompok 4 – 5 orang, sepekan sebelumnya mereka diberikan tugas untuk
melakukan pengamatan terhadap suangi yang akan dijelajah.
· Mengidentifikasikan kebutuhan peralatan
selama melakukan penjelajahan sungai, dilanjutkan latihan packing
perlengkapan.
· Dengan dipandu guru pembimbing atau
volunter siswa melakukan penjelajahan sungai selama dua hari dengan
menerapkan prinsip-prinsip yang benar
|
· Memilih lokasi yang aman dan nyaman
· Menggunakan peralatan/ perlengkapan yang
sesuai dengan kebutuhan
· Menelusuri sungai
· Menerapkan prinsip dasar menjelajah di
sungai
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Buku sumber Pendidikan Jasmani, Kelas 1 SMA, Agus
Mukholid,
Stop watch,
pluit, ransel, tenda, bambu, perlengkapan makan dan masak
|
6.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan kegiatan penjelajahan di sungai serta nilai tanggung jawab,
kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok
|
· Keterampilan dasar penyelamatan pada
jelajah sungai.
· Prosedur : menyelamatkan korban,
meringankan penderitaan korban, mempertahankan daya tahan korban.
· Prinsip-prinsip : bersikap tenang,
perhatikan pernafasan korban, hentikan pendarahan, perhatikan tanda-tanda
shock, jangan memindahkan korban dengan terburu-buru.
|
· Setelah dibagi dalam beberapa kelompok,
siswa berlatih penyelamatan di sungai dengan pembagian tugas ada yang menjadi
SRU, dan ada yang korban dengan langkah-langkah penyelamatan kecelakaan di
sungai terdiri dari
- Briefing pencarian
- Pemberangkatan RSU (Search and rescue unit) menuju area pencarian.
- Pelaksanaan pencarian
- Saat menemukan sasaran
- Saat pergantian SRU
- Penarikan SRU ke pangkalan
- Briefing SRU
|
· Melakukan langkah-langkah awal
penyelamatan
· Mematuhi prinsip dan peraturan
penyelamatan
· Menerapkan pengetahuan tentang
penyelamatan kecelakaan di sungai
· Memperagakan keterampilan penyelamatan
kecelakaan di sungai
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Buku sumber Pendidikan Jasmani, Kelas 1 SMA, Agus
Mukholid,
Stop watch,
pluit, ransel, tenda, bambu, perlengkapan makan dan masak
|
Standar Kompetensi : 7. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
7.1 Menganalisis bahaya penyalahgunaan
Narkoba
|
Narkoba
· Bahaya penyalahgunaan Narkoba
· Jenis-jenis narkotik
|
· Secara kelompok siswa mencari informasi
tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba melalui majalah, koran, televisi,
internet.
· Membuat laporan hasil kerja mereka yang
terdiri klasifikasi jenis Narkoba, misalnya ganja, morphin, opium, kokain.
Jenis-jenis obat terlarang: obat perangsang syaraf; LSD, mekalin, peyete,
obat depresan (penekan syaraf) madarax, rohipnol, BK, antivan, valium mudah
terpengaruh dan bahaya yang diakibatkan dari penyalahgunaan Narkoba
|
· Mengklasifikasikan jenis-jenis Narkoba
yang sering disalahgunakan
· Mengidentifikasikan peroilaku yang mudah
terpengaruh untuk melakukan tindakan penyalahgunaan Narkoba
|
Laporan kegiatan
|
4 x 45’
|
VCD presentasi
Narkoba dari BNN
|
|
· Dampak penyalahgunaan Narkoba
|
· Mempresentasikan hasil kerja kelompok
· Menyuimak klarifikasi informasi tentang
bahaya penyalahgunaan Narkoba, misalnya ketagihan, berteriak-teriak,
merintih, kerusakan pada organ tubuh, jiwa tertekan, sakit jiwa, kebingungan,
dan pada akhirnya kematian
|
· Mengidentifikasikan bahaya-bahaya dari
penyalahgunaan Narkoba
|
|
|
|
7.2 Memahami berbagai peraturan perundangan
tentang Narkoba
|
Narkoba
· Perundangan Narkoba
· Penyalahgunaan NARKOBA bertentangan
dengan UU RI No. 9 Tahun 1976 tentang pemanfaatan Narkoba untuk pengobatan
dan ilmu pengetahuan namun sebaliknya jika disalahgunakan akan mengakibatkan
ketagihan dan sangsi hukum yang tegas
|
· Secara kelompok siswa mencari informasi
tentang perundangan Narkoba melalui majalah, koran, televisi, internet.
· Membuat laporan hasil kerja mereka
tentang perundangan Narkoba
|
· Mengkategorisasikan peraturan perundangan
tentang Narkoba
|
Laporan kegiatan
|
|
VCD presentasi
Narkoba dari BNN
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ..................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
X/2
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikkan berbagai keterampilan
permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
8.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan dan olahraga beregu bola besar dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat,
percaya diri**)
|
Permainan Sepak Bola
· Teknik Menyundul
· Teknik gerak tipu dengan bola
· Teknik merampas bola
· Bermain sepak bila dengan bola
penyerangan sederhana berdasarkan prinsip gerakan yang tersusun, operan
langsung, dan mencari ruang kosong.
|
· Setelah pemanasan siswa bagi dalam
kelompok, salah satu anggota kelompok tugasnya melambungkan bola, anggota
lainnya melakukan gerakan menyundul (cara menyundul badan diayunkan ke
belakang, tumit agak diangkat, leher ditegangkan sambil digerakkan ke depan,
perkenaannya di dahi) setelah itu berlari ke belakang kelompoknya.
· Teknik gerak tipu dengan bola dapat
dilakukan dengan cara melangkahi bola, dengan gerak tipu\ menembak, dengan
gerak tipu badan
· Teknik merampas bola dilakukan dengan
cara berhadapan, dan dengan meluncur.
· Bermain sepak bola dengan menggunakan
peraturan yang dimodifikasi berdasarkan nilai kerjasama, kejujuran dan
semangat.
|
· Melakukan teknik menyundul
· Melakukan teknik gerak tipu dengan bola
· Melakukan teknik merampas bola
· Bermain sepak bola dengan peraturan yang
dimodifikasi yang dilandasi nilai kerjasama, kejujuran, semangat dan percaya
diri
|
Tes perbuatan
|
14 x 45’
|
Buku sumber
Petunjuk permainan sepak bola, Dinas Olahraga DKI Jakarta, 1995
Stop watch,
pluit, bola, lapangan sepak bola, corong
|
|
Permainan bola voli
· Gerakan teknik smash
|
· Setelah melakukan pemanasan, secara
klasikal melakukan latihan gerakan smash tanpa bola
· Secara bergantian berlatih melakukan
smash dengan bola diumpan semi.
Caranya dengan awalan
3 – 5 langkah lari/jalan dengan irama yang teratur pada langkah ketiga
ayunkan kedua lengan dengan siku lurus, dua langkah terakhir lebih lebar dan
langkah terakhir merapatkan kaki belakang disamping kaki depan.
|
· Melakukan teknik smash dan block
· Bermain bola voli dengan peraturan yang
dimodifikasi yang dilandasi nilai kerjasama, kejujuran, semangat dan percaya
diri
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMA, Erlangga,
Lapangan Bola
Voli, pluit, bola, net, kapur, stop watch,
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
|
Tolakan; jarak tolakan dengan bola sejangkauan
tangan. Memukul bola ayunkan
tangan pukul belakang bola, bungkukkan togok, tangan terbuka, suki lurus
· Bermain bola voli dengan peraturan yang
dimodifikasi berdasarkan nilai kerjasama, kejujuran, semangat dan percaya
diri.
|
|
|
|
|
|
Permainan bola basket
· Teknik lay up shot.
|
· Secara klasikal berlatih langkah kaki lay
up kanan dari sikap diam, jalan dan berlari
· Secara bergantian dala, kelompoknya siswa
berlatih langkah lay up kanan dengan menggunakan bola mulao dari dribble
berjalan, caranya adalah melangkah melayang untuk mendekati basket.
· Secara bergantian siswa berlatih langkah
lay up kanan tanpa awalan ke arah ring
· Secara bergantian berlatih langkah lay up
kanan, diawali dribble di tempat dilanjutkan lay up ke arah ring
· Secara bergantian siswa berlatih dribble
sambil berlari dilanjutkan lay up kanan ke arah ring
· Bermain bola basket 5 on 5 dengan
peraturan yang dimodofikasi.
|
· Melakukan keterampilan lay up kanan
· Bermain bola basket dengan peraturan yang
dimodifikasi yang dilandasi nilai kerjasama, kejujuran, semangat dan percaya
diri
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani untuk Kelas X SMA, Agus Mukholid,
Stop watch,
pluit, lapangan bola basket, bola, corong
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
· Teknik free throw
|
· Secara perorangan berlatih menembak di
daerah free throw adalah keterampilan tertutup karena menuntut kematangan
respon yang disebabkan stimulus tetap. Diawali sikap kaki sejajar, lutut agak
ditekuk, bola dipegang di depan atas kanan/kiri kepala tangan kiri untuk
penyeimbang, lepaskan bola dengan dibantu lecutan pergelangan hingga telapak
tangan menghadap ke bawah, siku lurus, jalannya bola parabola menuju ring.
· Bermain bola basket dengan peraturan yang
dimodifikasi, setelah bermain diselngi dengan latihan free throw sehingga
|
· Melakukan teknik menembak (shooting)
bebas (free throw)
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani untuk Kelas X SMA, Agus Mukholid,
Stop watch,
pluit, lapangan bola, basket, bola
|
8.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan dan olahraga bola kecil dengan menggunakan peraturan
dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai dan percaya diri
**)
|
Bermain Rounders
· Teknik memukul bola
|
· Siswa dibagi beberapa kelompok, salah
satu anggota kelompok bertugas melempar bola, dan yang lain memukul, pemukul
lari berlari untuk ambil bola, kemudian berbaris dibelakang kelompoknya.
|
· Memukul bola dengan teknik yang benar
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani untuk kelas X, SMA, Agus Mukholid,
Petunjuk
permainan Rounders, Dinas Olahraga DKI Jakarta, 1996
Stop watch,
pluit, pemukul, bola, penyangga bola, lapangan rounders, pelontar bola
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
· Cara mematikan lawan
· Taktik pertahanan Rounders
|
· Secara berkelompok siswa melakukan
latihan beberapa taktik mematikan lawan melalui pitcher, caranya ada tiga
yaitu melalui pitcher (pelempar bola), penjaga bidai pertama dan penjaga
bidai
· Berlatih menerapkan dasar dan taktik
pertandingan terutama pertahanan dalam permainan rounders. Caranya penjaga
selalu ingat out, strike, dan ball, mengetahui tipe permainan lawan serta
selalu siap dalam posisi yang tepat penuh konsentrasi.
· Bermain rounders dengan menggunakan
peraturan yang dimodifikasi.
|
· Melakukan beberapa taktik mematikan lawan
· Menerapkan dasar-dasar taktik dan
strategi pertandingan
· Menerapkan nilai kompetisi, pantang
menyerah dan fair play dalam permainan
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani untuk Kelas X SMA, Agus Mukholid,
Petunjuk
permainan rounders, Dinas Olahraga DKI,
Stop watch,
pluit, pemukul, bola, penyangga bola, lapangan rounders
|
8.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat dan percaya diri **)
|
Atletik
· Nomor lari jarak menengah 800 meter dan
1500 meter
|
· Setelah pemanasan secara berkelompok
berlatih lari jarak menengah dengan interval training 5 – 8 kali untuk jarak
100 M
· Secara bergantian siswa berlatih lari
jarak menengah dengan fartlek training (lari perlahan diselingi sprint, lari
naik turun tangga)
|
· Melakukan teknik dalam nomor lari jarak
menengah
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani untuk kelas X, SMA, Agus Mukholid,
Petunjuk
olahraga Atletik nomor lari, Dinas Olahraga DKI Jakarta, 1996
Stop watch,
pluit,
|
|
· Lompat jauh
|
· Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
kemudian secara bergantian melakukan gerakan lari A, B dan C yaitu lari
pembentukan yang terdiri dari: lari mengangkat paha setinggi panggul, dari
lari di tempat dilanjutkan bergerak ke depan kemudian gerakan lari dengan
menyentuhkan tumit ke pantat dari di tempat dilanjutkan bergerak ke depan dan
gerakan menendang posisi lutut lurus, dari ditempat dilanjutkan bergerak ke
depan.
|
· Melakukan teknik nomor lompat jauh
|
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani untuk Kelas X SMA, Agus Mukholid,
Petunjuk
olahraga atletik nomor lompat jauh, Dinas Olahraga DKI Jakarta, 1996
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
|
· Secara bergantian siswa melakukan latihan
tolakan tanpa awalan 1, 3, 5, 6, 7, 9 dan 11 langkah awalan
· Secara bergantian siswa berlatih sikap
badan diudara dengan melompat dibantu papan tolak agak tinggi permukaan,
caranya: sikap badan atas pasif dan melenting kebelakang, kedua lengan
diayunkan dari belakang ke depan bersamaan dengan ayunan kaki ke depan
persiapan mendarat. Kaki ayun diangkat bersamaan dengan diturunkan panggul
dibawah ke depan.
|
|
|
|
Stop watch,
pluit, bak pasir, meteran, bendera
|
8.4 Mempraktikkan keterampilan gerak olahraga
beladiri serta nilai kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri **)
|
Bela diri pencak silat
· Gerakan pukulan ada tiga unsur; tangan/
lengan untuk memukul, kuda-kuda, dan sikap tubuh
|
· Setelah melakukan pemanasan siswa
melakukan latihan berbagai macam elakan atau tangkisan secara perorangan baik
bayangan
· Berlatih secara berpasangan melakukan
pukulan dan elakan/ tangkisan
|
· Melakukan berbagai teknik elakan /
tangkisan dalam beladiri
· Menerapkan peraturan yang berlaku
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani untuk kelas X, SMA, Agus Mukholid,
Petunjuk
olahraga pencak silat kategori tanding, Dinas Pemuda dan Olahraga DKI
Jakarta, 1996
Stop watch,
pluit, taegt, pelindung badan
|
Standar Kompetensi : 9. Mempraktikkan latihan kebugaran
jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan keutuhan dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||||||||||||||||||||||||||||
9.1 Mempraktikkan bebagai bentuk kebugaran
jasmani sesuai dengan kebutuhan serta nilai kejujuran, tanggung jawab,
disiplin dan percaya diri
|
Latihan Kebugaran
· Latihan daya tahan kerja jantung
|
· Secara klasikal siswa beraltih lari dengan
jarak menengah atau lari 10 menit
· Secara berkelompok siswa berlatih lari
menggunakan metode interval training dengan jarak diatas 2400 meter
· Secara berpasangan siswa berlatih skiping
dengan waktu antara 5 – 10 menit
|
· Melakukan latihan untuk meningkatkan daya
tahan kerja jantung
|
Tes perbuatan
Tes cooper atau
tes balke atau Blep Test.
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Erobika kegiatan sehari-hari, Pusat Kesegaran jasmani dan Rekreasi DEPDIKNAS,
|
||||||||||||||||||||||||||||
9.2 Mempraktikkan tes kebugaran dan
interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran serta nilai
kejujuran, semangat, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri
|
· Klasifikasi hasil tes daya tahan kerja
jantung berdasarkan tes cooper lari 12 menit
|
· Secara berkelompok melakukan tes cooper /
lari 12 menit yang dilakukan bergantian.
· Membuat laporan kelompok tentang hasil
tes kerja jantung berdasarkan tabel yang berlaku
|
· Mengklasifikasikan hasil tes kebugaran
untuk menentukan derajat kebugaran
· Membuat laporan hasil tes kebugaran
jasmani
|
Tes perbuatan
Tes cooper atau
tes balke atau Blep Test.
|
|
Stop watch,
pluit, skiping
|
Standar Kompetensi : 10. Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
10.1Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam lantai dengan menggunakanalat serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggung jawab dan menghargai teman
|
Senam Lantai
· Rangkaian senam lantai dengan alat lompat
kangkang
|
· Melakukan peregangan secara klasikal
· Secara bergantian siswa berlatih tolakan
kaki dilanjutkan tumpuan tangan, caranya: angkat panggul tinggi-tinggi, pada
saat tangan menyentuh peti lompat panggul ditekuk kaki dibuka lebar, tolakan
tangan angkat dada dan tangan keatas, setelah kaki melewati peti luruskan
badan rapatkan kaki sebelum mendarat.
· Secara bergantian siswa berlatih melewati
peti lompat dilanjutkan gerakan mendarat dengan kedua kaki rapat
· Secara bergantian melakukan lompat
kangkang diatas peti lompat dari awalan sampai dengan mendarat
|
· Melakukan keterampilan lompat kangkang
ditas peti lompat
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Stop watch,
pluit, matras, peti lompat
|
|
· Rangkaian senam lantai tanpa alat : back
extention
|
· Melakukan peregangan secara klasikal
· Berlatih lompat harimau dengan rintangan
rendah
· Berlatih lompat harimau dengan rintangan
peti lompat dilanjutkan gerakan berguling ke depan
· Melakukan gerakan back extention,
caranya: jongkok sikut dibengkokkan, kedua telapak tangan menghadap keatas,
gulingkan badan ke belakang hingga telapak tangan ke matras, dorong kaki
keatas dengan meluruskan tungkai rapat, sehingga membat sikap handstand.
|
· Memperagakan senam lantai tanpa alat
berguling ke belakang (back extention) atau stut
|
Tes perbuatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Stop watch,
pluit, matras
|
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa
alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
11.1Mempraktikkan kombinasi keterampilan
langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat serta nilai disiplin, toleransi,
keluwesan dan estetika
|
Aktivitas ritmik
· Rangkaian gerakan ayunan lengan
|
· Setelah melakukan pemanasan siswa secara
klasikal melakukan latihan gerakan tangan dilanjutkan koordinasi kaki senam
alat yang tanpa menggunakan alat
· Melakukan rangkaian ayunan lengan dengan
kombinasi gerak lompat dan anggota tubuh lainnya, caranya: ayunan lengan
kanan dan kiri ke arah dagu secara bergantian, kedua lengan lurus didepan
paha setengah kepal kemudian diputar ke arah dalam, langkah kaki jalan
ditempat, maju, mundur, samping kanan dan kiri, silang kanan dan kiri, lompat
kanan kiri bergantian, dengan dua kaki
|
· Melakukan rangkaian ayunan lengan dengan
kombinasi gerak langkah kaki dan anggota tubuh lainnya
· Melakukan rangkaian ayunan lengan dengan
kombinasi gerak lompat dan anggota tubuh lainnya.
· Mematuhi prosedur dan prinsip-prinsip
dalam senam irama
|
Tes perbuatan
|
6 x 45’
|
Buku sumber
Petunjuk Pelaksanaan Senam Kesegaran Jasmani 2000, Dinas Pemuda dan Olahraga
DKI,
Stop watch, pluit,
kaset senam irama
|
|
· Koordinasi gerak senam irama antara
ayunan lengan dengan langkah kaki, ayunan lengan dengan lompat, langkah
dengan lompat
|
· Melakukan peregangan secara klasikal
· Berlatih lompat harimau dengan rintangan
rendah
· Berlatih lompat harimau dengan rintangan
peti lompat dilanjutkan gerakan berguling ke depan
· Melakukan gerakan back extention,
caranya: jongkok sikut dibengkokkan, kedua telapak tangan menghadap keatas,
gulingkan badan ke belakang hingga telapak tangan ke matras, dorong kaki keatas
dengan meluruskan tungkai rapat, sehingga membat sikap handstand.
|
· Melakukan rangkaian senam irama tanpa
dengan koordinasi antara ayunan lengan, langkah kaki dan lompat
|
Tes perbuatan
|
|
|
Standar Kompetensi : 12. Mempraktikkan keterampilan beberapa gaya renang dan
pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
12.1Mempraktikkan kombinasi teknik renang
|
Renang
· Teknik meluncur
· Koordinasi gerak tangan dan kaki
|
· Setelah melakukan pemanasan siswa diabgi
dalam beberapa kelompok, untuk melakukan gerakan meluncur secara bergantian
· Berenang lurus
|
· Melakukan teknik meluncur renang
· Melakukan gerakan kaki, renang
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Stop watch,
pluit, kolam renang, pelampung, kaca mata renang
|
|
· Teknik pernapasan renang
|
· Melakukan latihan pernafasan secara
berpasangan. Satu orang memegangi kedua tangan temannya yang sedang dalam
posisi telungkup, kedua kakinya melakukan gerakan renang
|
· Melakukan gerakan kedua lengan renang
· Melakukan renang
|
Tes perbuatan
|
|
|
12.2Mempraktikkan keterampilan dasar
pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)
serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
|
· Penyelamatan kecelakaan di air
|
· Setelah melakukan pemanasan dengan
berenang daya dada sejauh 400 meter, dilanjutkan berlatih membawa korban
dengan satu tangan sejauh 10 meter. Cara memegang korban dapat dilakukan
dengan satu tangan atau dua tangan, berusaha dari belakang korban dan yang
paling penting harus menghindar dari cengkeraman korban yang panik dan
meronta-ronta karena ketakutan.
· Berlatih secara kelompok tentang teknik
pertolongan pada kecelakaan di air dengan sistem RJP
|
· Melakukan penyelamatan kecelakaan di air
· Melakukan teknik P3K di air dengan sistem
RJP sesuai prosedur yang benar.
|
Tes perbuatan
|
Tentatif
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Stop watch,
pluit, kolam renang, pelampung, kaca mata renang
|
Standar Kompetensi : 13. Mempraktikkan perencanaan
penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
13.1Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar
kegiatan menjelajah gunung serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi,
tolong menolong, dan melaksanakan keputusan dalam kelompk
|
Pendakian gunung
|
· Sebulan sebelum pendakian secara kelompok
sudah diberikan tugas untuk memilih lokasi yang aman untuk pendakian gunung
dengan memahami perjalanan dengan pertanyaan 5W + 1H. (who= dengan siapa kita
pergi, what= tujuannya apa, why= alasan untuk pergi, when = kapan pergi,
where = dimana lokasinya, how = bagaimana perlengkapan) kedua : perlengkapan
(pribadi, kelompok, teknis) dan packing.
· Mengiventarisasi kebutuhan perlengkapan
yang dibutuhkan dalam pendakian gunung.
· Berlatih fisik terutama otot tungkai dan
bahu untuk persiapan
· Melakukan simulasi pendakian gunung
dengan berlatih naik turun tangga tanpa beban atau dengan beban
|
· Memilih lokasi yang aman dan nyaman
· Menggunakan peralatan/ perlengkapan yang
sesuai dengan keutuhan
· Beberapa latihan fisik untuk mendukung
penakian
|
Laporan perjalanan
|
Tentatif
|
Buku sumber
Pendakian gunung, peta gunung, ransel, perlengkapan makan dan minum,
logistik, tali, matras, sleeping bag
|
13.2Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan penjelajahan di pegunungan serta nilai tanggung jawab,
kerjasama, toleransi, tolong menolong, dan melaksanakan keputusan kelompok
|
Penyelamatan kecelakaan di gunung
· Keterampilan penyelamatan kecelakaan di
gunung
· Prinsip-prinsip penyelamatan kecelakaan
di gunung
|
· Secara berkelompok mencari informasi
tentang kecelakaan yang sering terjadi melalui media cetak, internet atau
media elektronik
· Membuat laporan hasil pencarian informasi
· Berlatih teknik identifikasi korban,
dilanjutkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk evakuasi korban.
· Berlatih tindakan evakuasi korban dengan
menggunakan peralatan dan bersikap tenang, perhatikan pernafasan korban,
hentikan pendarahan, perhatikan tanda-tanda shock, jangan memindahkan korban
dengan terburu-buru.
· Menyebutkan prosedur, menyelamatkan
korban, meringankan penderitaan korban, mempertahankan daya tahan korban
|
· Melakukan langkah-langkah awal
penyelamatan
· Mematuhi prinsip dan peraturan
penyelamatan
· Menerapkan pengetahuan tentang
penyelamatan kecelakaan di pegunungan
· Memperagakan keterampilan penyelamatan
kecelakaan di pegunungan
|
Lembar pengamatan
|
Tentatif
|
Panduan
pendakian gunung, peta gunung, ransel, perlengkapan makan dan minum,
logistik, tali, matras, sleeping bag, kain bidai, bambu/ tongkat
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
13.3Mempraktikkan keterampilan penjagaan
lingkungan yang sehat
|
· Sanitasi lingkungan sehat yang sederhana
|
· Secara berkala melakukan kerja bakti
membersihkan kelas, lingkungan sekolah
· Secara berkala mengadakan penanaman pohon
yang dilakukan secara berkelompok
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi kesehatan: penyebab penyakit, manusia sebagai tuan rumah,
lingkungan hidup. Ruang lingkungan terdiri dari biologik, fisik, ekonomi dan
mental sosial. Untuk program sanitasi lingkungan yang memungkinkan dilakukan
siswa adalah sanitasi lingkungan sekolah umumnya dan khususnya ruang kelas
yang digunakan untuk belajar setiap hari.
|
· Menciptakan model sanitasi / pemeliharaan
lingkungan secara sederhana
· Menjelaskan faktor yang dapat menyebabkan
timbulnya suatu penyakit sebagai akibat sanitasi lingkungan yang tidak sehat
·
|
Lembar pengamatan
|
Tentatif
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Alat-alat
kebersihan, tanaman buah dan non buah
|
Standar Kompetensi : 14. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
14.1Menganalisis dampak seks bebas
|
· Dampak seks bebas menimbulkan PHS
(penyakit hubungan kelamin)
|
· Mencari informasi tentang penyakit yang
sering ditimbulkan akibat seks bebad melalui media cetak, internet, dan media
elektronik.
· Membuat laporan tentang penyakit dari
seks bebas
· Secara berkelompok mendiskusikan,
perilaku seks bebas dan faktor penyebab terjadinya seks bebas
· Mendiskusikan akibat perilaku seks bebas,
misalnya Syphilis dengan gejala ruam-ruam dikulit, tumor/pembengkakan hebat,
sakit kepala, hilang ingatan, nyeri pada punggung, borok besar sekitar kaki.
Gonore atau kencing nanah, gejalanya kencing terasa panas, warna
kekuning-kuningan, pengeluaran getah dari lubang kelamin menahun, radang di
persendian.
|
· Mengidentifikasikan penyakit yang sering
ditimbulkan akibat perilaku seks bebas
· Mengklasifikasikan perilaku seks bebas
· Mengkategorikan faktor-faktor penyebab
seks bebas
|
Tes Tertulis
|
Tentatif
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Ksehatan, untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Majalah atau
buku yang relevan dengan seks bebas
|
14.2Memahami cara menghindari seks bebas
|
· Cara menghindari seks bebas ditinjau dari
sudut pandang pribadi, keluarga, dan pemerintah
|
· Secara berkelompok mendiskusikan perilaku
yang dapat menghindari dari seks bebas ditinjau sudut pandang pribadi; taat beragama, memilih teman
yang tidak mengajak kearah seks bebas, tidak mendekati perbuatan zinah, jauhi
nonton film atau membaca majalah prono
· Secara berkelompok mendiskusikan perilaku
yang dapat menghindari dari seks bebas ditinjau sudut pandang keluarga; mengawasi putar-putri dalam
bergaul, mengawasi peredaran film dan majalah porno.
· Secara berkelompok mendiskusikan perilaku
yang dapat menghindari dari seks bebas ditinjau sudut pandang pemerintah ; menetapkan RUU APP,
tindak tegas yang mengumbar pornografi, basmi pelacuran, serius dalam membina
remaja
|
· Mengidentifikasikan perilaku yang dapat
menghindari seks bebas dari sudut pandang pribadi
· Mengidentifikasikan perilaku yang dapat
menghindari seks bebas dari sudut pandang keluarga
· Mengidentifikasikan perilaku yang dapat
menghindari seks bebas dari sudut pandang masyarakat
|
Lembar
pengamatan
|
|
Buku sumber
Pendidikan Jasmani dan Ksehatan, untuk SMU kelas 1, Muhajir, Erlangga,
Majalah atau
buku yang relevan dengan seks bebas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar